Breaking News:

Ramadan 2021

Tips Mengemudi Saat Berpuasa, Hindari Setting AC Terlalu Dingin Biar Nggak Ngantuk 

Saat berpuasa dan sedang mengemudi sebaiknya tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena hal tersebut berisiko mendatangkan rasa kantuk.

dok.
Saat mengemudi dalam kondisi berpuasa sebaiknya tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena hal tersebut berisiko mendatangkan rasa kantuk. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama menjalani puasa Ramadhan diperlukan kiat khusus agar kita tetap menjaga konsentrasi saat mengemudikan kendaraan di jalan raya dan tercegah dari risiko kecelakaan.

Salah satunya adalah memperhatikan besaran hembusan udara AC di dalam kabin.  

Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat berpuasa dan sedang mengemudi sebaiknya tidak menyetel suhu AC terlalu dingin.

Karena, hal tersebut berisiko mendatangkan rasa kantuk.

"Hal yang sering terjadi saat berpuasa adalah munculnya rasa kantuk berlebih dibandingkan biasanya. Karena itu, bagi pengemudi mobil upayakan agar tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena udara dingin dapat menambah rasa kantuk," ujar Hariadi memberikan tips.

Salah satu yang menurunkan konsentrasi dengan drastis adalah rasa kantuk.

Baca juga: Ini Rincian Harga Minibus dan Van Listrik Gelora E yang Bisa Pre-order di IIMS Hybrid 2021

Apabila mengantuk saat mengemudi, jangan memaksakan diri. Segera menepi dan beristirahat sampai rasa kantuk tersebut benar-benar hilang.

Baca juga: IIMS Hybrid 2021 Jadi Ajang Toyota Rayakan 50 Tahun Kehadirannya di Indonesia

Agar buka puasa tidak mengganggu konsentrasi berkendara, sebaiknya pengendara mencari tempat yang aman untuk berhenti sejenak.

Hal lain yang tak kalah penting untuk mengurangi kantuk saat berkendara adalah dengan memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Baca juga: Wuling Boyong Line Up Lengkap di IIMS Hybrid 2021, Berikut Rincian Model dan Harganya

Hariadi juga menyarankan agar membuat persiapan matang sebelum berkendara, apalagi ketika berkendara dalam jarak yang lama atau jauh.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved