Breaking News:

Pakai Pertamax Lebih Bagus saat Tempuh Perjalanan Jauh, Ini yang Mesti Disiapkan Sebelumnya

memakai bahan bakar minyak (BBM) beroktan tinggi layaknya Pertamax jauh lebih bagus untuk digunakan saat perjalanan jauh.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Sahrudin mengungkap bahwa memakai bahan bakar minyak (BBM) beroktan tinggi layaknya Pertamax jauh lebih bagus untuk digunakan saat perjalanan jauh.

"Sebenarnya tergantung mobilnya, namun BBM beroktan tinggi seperti Pertamax lebih baik untuk jarak jauh, terutama untuk kendaraan pribadi," tutur Sahrudin saat dihubungi Tribunnews, Selasa (11/5/2021).

Selain harus memperhatikan bahan bakar, pemilik mobil juga perlu memperhatikan kesiapan kendaraan saat dibawa perjalanan jauh.

Baca juga: Tarikan Motor Enteng, Alasan Konsumen Pilih Pertamax sebagai BBM Andalan

Namun, yang paling utama, sebelum perjalanan pemilik harus memastikan terlebih dulu kondisi fisiknya.

"Untuk perjalanan jauh, yang paling penting itu fisik pengendaranya dulu. Pastikan benar benar sehat dan fit. Untuk perjalanan yang waktu tempuhnya lebih dari 4 jam usahakan istirahat setiap 2 jam perjalanan. Ini penting untuk pengendara, juga penting untuk kendaraannya," jelas Sahrudin.

Usai menyiapkan hal di atas, Sahrudin juga menyarankan pengemudi untuk memahami terlebih dulu rute perjalanan, hindari pula rute menanjak dengan potensi macet.

Baca juga: Diskon Pertamax Series Bisa Bikin Konsumen Pindah ke BBM Ron Tinggi

Untuk kesiapan kendaraan, pemeriksaan mesin dimulai dari olinya terlebih dahulu, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu mengganti oli mesin jika memang sudah saatnya, atau mendekati jadwal penggantian.

"Jika oli sudah oke, lakukan tune up untuk memastikan mesin dan komponen mesin siap untuk perjalanan jauh. Cek v belt, saluran pendingan dan saluran oli. Jika ada tanda tanda kebocoran sebaiknya di perbaiki terlebih dahulu," tutur Sahrudin.

Komponen selanjutnya adalah pengereman. Selain mesin, rem adalah faktor vital untuk keamanan, pastikan tidak ada kebocoran, kondisi rem yg macet atau kampas rem habis.

Halaman
12
Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved