Breaking News:

Touring Keliling Indonesia Empat Bikers M8 Nusantara Tuntaskan Perjalanan Etape I di NTT

Komunitas motor roda dua yang tergabung dalam M8 Nusantara memulai perjalanan keliling Indonesia dengan 4 sepeda motor.

Editor: Choirul Arifin
dok. M8 Nusantara
Komunitas motor roda dua yang tergabung dalam M8 Nusantara melakukan kegiatan touring keliling Indonesia dalam lima etape. Mereka telah menyelesaikan etape pertama dari Jakarta menuju Nusa Tenggara Timur dengan bersepeda motor menempuh jarak 6.100 km dengan start 14 Agustus 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komunitas motor roda dua yang tergabung dalam M8 Nusantara  memulai perjalanan keliling Indonesia dengan bersepeda motor sejak 14 Agustus 2021.

Mengusung tema “Identitas Indonesia”, misi M8 Nusantara adalah selain memperlihatkan keindahan Indonesia, dan memperlihatkan keberagaman masyarakat Indonesia, baik budaya, adat istiadat, hingga bahasa dan kesenian.

Kegiatan touring panjang ini juga mengunjungi kerajinan usaha kecil menengah di daerah yang disinggahi dari Sabang sampai Merauke.

M8 Nusantara membagi perjalannya dalam lima etape. Etape pertama mereka jalani di Agustus hingga Oktober 2021 melintasi Jawa - Bali - Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur sejauh 6.100 km.

Mereka menyambangi 275 tempat, lebih dari 100 interview dan 39 suku telah berhasil didokumentasikan.

Jejak sejarah berbagai suku dan kerajaan di masa lampau menjadi bukti Indonesia bangsa yang besar. Keramahan dan pluralisme adalah benang merah yang merekatkan Indonesia.

M8 Nusantara1
Komunitas motor roda dua yang tergabung dalam M8 Nusantara melakukan kegiatan touring keliling Indonesia dalam lima etape. Mereka telah menyelesaikan etape pertama dari Jakarta menuju Nusa Tenggara Timur dengan bersepeda motor menempuh jarak 6.100 km dengan start 14 Agustus 2021.

Para bikers melihat langsung perubahan tradisi lintas generasi, sesuai dengan tuntutan jaman, dengan tetap berpegang pada kearifan lokal.

Baca juga: Motor Listrik BL SEV01 Tembus Rekor Touring Lintas Pulau Jakarta – Mandalika

Para riders-nya yang bergabung di kegiatan ini terdiri dari sepasang suami istri Vincent Soetedja yang menggunakan Triumph Tiger 900 Rally dan Efi Juwita mengendarai Ducati Scrambler Icon 800, ditemani Harun Hefli dan Patricia Jesslin yang sama-sama memakai Yamaha MT-25.

Baca juga: Tips Menyiapkan Touring Motor Jarak Jauh di Masa Pandemi Ala YRFI Bali

“Sebelum melakukan touring kami telah dibekali pengetahuan tentang cara riding, cara memperbaiki masalah di motor, hingga membawa spare parts yang dianggap perlu," ujar Vincent.

Baca juga: Touring di Jateng dan Jogja, Tora Sudiro dan Darius Ajak Jaga Kebersihan Toilet di Destinasi Wisata

"Karena ini touring mandiri, tidak ada service car yang ikut. Kami bersyukur selama etape 1 tidak ada masalah berarti dan banyak daerah menerima kami dengan ramah,” lanjut Vincent.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved