Muhammadiyah akan Bangun Pusat Kebudayaan Islam Tanah Air di Jogja

Sebagai salah satu organisasi Islam besar di tanah air, Muhammadiyah menginisiasi pembangunan pusat kebudayaan Islam di tanah air.

Muhammadiyah akan Bangun Pusat Kebudayaan Islam Tanah Air di Jogja
Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir 

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Sebagai salah satu organisasi Islam besar di tanah air, Muhammadiyah menginisiasi pembangunan pusat kebudayaan Islam di tanah air.

Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah menjelaskan, rencana pembangunan pusat kebudayaan Islam ini akan dilaksanakan dan dibangun di wilayah Imogiri Timur, Kabupaten Bantul dalam waktu dekat.

Pembangunan pusat kebudayaan islam ini dikatakan Haedar karena tanggung jawab Muhammadiyah sebagai organisasi islam untuk mengingatkan kembali perjuangan dan perjalanan islam di tanah air.

Sebab dikhawatirkan generasi muda akan lupa sejarah perkembangan Islam di Indonesia jika tak ada media yang tepat untuk mempelajarinya.

"Karena anak muda kalau tidak diajari sejarah maka mereka seperti kata Bung Karno (presiden pertama RI), mereka lupa sejarah. Padahal Islam punya peranan besar dalam perjuangan kemerdekaan bahkan pasca kemerdekaan yang bersinegeri dengan golongan lain," bebernya usai peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Wirausaha di Kebonagung, Minggir, Sleman, Minggu (28/7/2019).

Menurut Haedar, selain menjadi tempat belajar sejarah islam, adanya pusat kebudayaan Islam yang akan dibangun pada 2020 ini untuk memproyeksikan kondisi islam tanah air di masa yang akan datang.

Muhammadiyah ingin Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim ini memiliki masa depan yang lebih baik, dalam konteks bangsa yang unggul.

Sebab, kata Haedar, jika bangsa ini lengah maka bukan tak mungkin Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain.

Pihaknya juga berharap dengan adanya pusat kebudayaan Islam ini dapat menjadi inspirasi dan warisan Islam.

Menyoal koleksi, Haedar menjelaskan, sejumlah artefak dan manuskrip Islam akan ditempatkan di pusat kebudayaan Islam tersebut.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved