Breaking News:

Gandeng Pemkot Cilegon, Chandra Asri Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Baku Aspal

Chandra Asri dan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik

dok Chandra Asri
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik, sepanjang 19 kilometer di Cilegon. 

TRIBUNNEWS.COM, CILEGON - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik, sepanjang 19 kilometer di Cilegon.

Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, Chandra Asri memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16,5 ton kantung plastik bekas atau sebesar 5-6 persen, dengan tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal.

“Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik,” papar VP Corporate Relations Chandra Asri Suhat Miyarso, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/11/2019).

Baca: Menperin Prediksi Perluasan Pabrik Cabot Bisa Serap 300 Tenaga Kerja Baru

Baca: Tambah Kapasitas Produksi 80 Ribu Metrik Ton, Cabot Indonesia Gelontorkan Dana Rp 1,3 Triliun

Berdasarkan penelitian Kementerian PUPR, selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40 persen lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya.

“Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk kota Cilegon,” lanjut Suhat.

Pada 2018, Chandra Asri telah lebih dulu menerapkan aspal plastik di kompleks petrokimianya di Cilegon, Banten.

Dukungan terhadap program aspal plastik juga ditunjukkan Chandra Asri melalui Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) yang baru saja menadatangani MoU kerja sama implementasi aspal plastik seluas 1.580 meter persegi dengan Pemerintah Kota Tegal pada 5 November 2019.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved