Breaking News:

Mengajar Warga Baca Tulis, Bripka Krispianus Raih Penghargaan Polisi Teladan

Seorang polisi anggota Polres Belu tengah menulis di whiteboard dan warga tampak antusias menyimak.

TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Bripka Krispianus Ola Komek 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, BELU - Sayup-sayup terdengar suara warga di sebuah rumah berwarna merah dan putih, di Desa Kenebibi, Kakuluk Mesak, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (5/12/2019).

Terlihat seorang polisi anggota Polres Belu tengah menulis di whiteboard dan warga tampak antusias menyimak.

Itulah potret keseharian dari Bhabinkamtibmas Desa Kenebibi, Bripka Krispianus Ola Komek saat mengajar baca dan tulis pada warga yang buta aksara.

Mereka adalah masyarakat eks Timor Leste yang mengungsi pada tahun 1999 dan telah tinggal di NTT.

Berkat dedikasinya, Kresna Ola -- begitu ia disapa --mendapatkan penghargaan sebagai juara II Polisi Teladan tingkat Nasional dari Kapolri saat itu yakni Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian.

Kresna mengatakan, awal mula inovasinya muncul tatkala melihat kondisi masyarakat Desa Kenebibi yang tidak sekolah dan tidak mengenyam pendidikan sama sekali.

"Melihat kondisi masyarakat yang kebanyakan tidak sekolah dan tidak mengenyam pendidikan sama sekali, akhirnya saya mengambil suatu keputusan untuk membentuk komunitas buta aksara," ujar Kresna, ketika ditemui di Rumah Merah Putih, Desa Kenebibi, Kakuluk Mesak, Belu, NTT, Kamis (5/12/2019).

Baca: Sopir Bus Lima Jaya yang Menewaskan Dua Penumpang Akhirnya Diringkus Polisi

Ia bercerita awalnya hanya mengajar di bawah pohon asam yang rimbun karena keterbatasan sarana. Saat itu, Kresna mengingat warga yang antusias datang membawa kursi sendiri. Sementara buku dan alat tulis bagi warga dibelinya dengan uang pribadi.

Namun, Kresna mengaku ada kendala tersendiri dalam mengumpulkan masyarakat agar mau belajar. Pasalnya mereka memiliki kegiatan masing-masing setiap hari.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved