Virus Corona

Empat Warga Sumut dari Wuhan Ikut Dikarantina di Natuna Jalani Proses Observasi

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memastikan empat warganya yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, sedang dikarantina.

Empat Warga Sumut dari Wuhan Ikut Dikarantina di Natuna Jalani Proses Observasi
Puspen TNI/Puspen TNI
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna, melaksanakan olahraga bersama dengan Seluruh Elemen Masyarakat, pemuda, pelajar, Pemkab Natuna serta TNI dan Polri. di Pantai Piwang, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (9/2/2020). Acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat dari Kemenkes RI yaitu Dirjen Farmakes dra. Enko Sosialine Maghdalena, App. M.kes, Kadiskes Prov Kepri dr. Cecep Yudiana M.kes, Kadiskes Pemkab Natuna, DPRD Natuna. (Puspen TNI) 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memastikan empat warganya yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, sedang dikarantina.

Artinya, aktivitas seluruh WNI, sedang dipantau oleh petugas. Nantinya, petugas akan memantau terhadap suhu tubuh dari seluruh WNI, Senin (10/2/2020).

Meski demikian, pemprov menyerahkan sepenuhnya penanganan maupun pengembalian WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China akibat wabah virus korona kepada pemerintah pusat.

"Itu tugas pemerintah pusat. Tidak boleh kita campuri. Sekarang saja masih tertutup semua aksesnya. Mereka dalam camp militer. Kami ikut saja. Jika pemerintah bilang jemput, kami jemput. Jika diminta pendampingan juga akan kami lakukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan.

Informasi yang diperolehnya, 200-an WNI yang kini berada di Natuna dalam keadaan sehat dan baik.

Kalau dalam 14 hari tersebut seluruh WNI termasuk warga asal Sumut negatif suspek korona, maka diharapkan identitas mereka tidak dengan mudah disebarluaskan.

"Ya, kami harap tidak digembar-gemborkan. Tidak perlu ada yang tahu, karena hal ini sensitif sekali. Kasihan mereka. Apalagi tidak semua masyarakat kita bisa dikasih pemahaman yang benar," katanya.

Baca: Ada 43 Pasien Positif Virus Corona di Singapura, Enam Orang Dinyatakan Sembuh

Baca: Penyebaran Virus Corona Meluas, Kemenlu Tingkatkan Status Perjalanan ke Singapura Jadi Level Kuning

Meski sudah mengetahui terdapat empat warga asal Sumut di Natuna, pihaknya belum detil soal informasi warga tersebut asalnya dari mana.

Hal ini pula menurut Alwi, memang tidak ada akses untuk mengetahuinya.

"Yang jelas mereka semua itu adalah WNI, warga negara kita. Kita percayakan sepenuhnya penanganan oleh pemerintah pusat. Karena memang bukan wewenang kita di situ," katanya.

Nyanyian Jackie Chan salah satu upaya China bangkit dari virus corona
Nyanyian Jackie Chan salah satu upaya China bangkit dari virus corona (South China Morning Post, YouTube)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved