Imbas Viruus Corona, Jutaan Ekor Ayam Tertahan di Kandang di Ciamis

Sampai hari ini bandar ayam di Jakarta hanya bisa menyerap 30% dan diperkirakan akan makin menurun

tribunjabar/andri m dani
ilustrasi peternakan ayam di Ciamis 

Ribuan peternak ayam pedaging di Ciamis kini benar-benar merasakan imbas langsung wabah Covid-19. Bahkan, peternak mengalami kerugian yang tidak sedikit antara Rp 18 ribu per kilogram. Bandar di Jabodetabek dan Bandung enggan menampung ayam karena tidak ada yang beli di pasar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS - Sudah dua minggu ini harga benar-benar jatuh tersungkur. Harga ayam pedaging jenis layer jantan (pejantan) di kandang peternak di sentra perunggasan rakyat Jabar tersebut hanya di kisaran Rp 10.000  sampai Rp 12.000/kg.

Sementara biaya pokok produksi (BPP) ayam pedaging layer jantan masih di kisaran Rp 28.000-Rp 30.000/kg.

“Harga benar-benar anjlok. Sudah dua minggu ini  pasar lumpuh, permintaan tinggal sepertiganya," ujar Koordinator Layer Jantan Forum Perunggasan Priangan Timur, H Komar kepada Tribun, Rabu (1/4/2020).

Dalam kondisi normal setiap minggunya sekitar 1 juta ekor ayam ras pedaging layer jantan dari Ciamis masuk pasar utama Jabodetabek dan Bandung. Sudah dua minggu ini ayam dari Ciamis susah masuk pasar Jabodetabek dan Bandung.

“Bukan karena ada halangan transportasi di jalan. Jalan lancar, jalur transportasi aman. Yang jadi masalah, pasar tidak bisa menampung karena tidak ada yang beli.  Ayam tidak terserap. Sampai hari ini bandar hanya bisa menyerap 30%, besok mungkin semakin turun,” katanya.

Dengan semakin tidak terserapnya ayam dari pasar Jabodetabek tersebut menurut H Komar, jutaan ekor ayam pedaging layer jantan siap panen  tertahan di ribuan kandang di Ciamis.

Baca: Hari Terakhir Promo KFC Crazy Deal, 7 Potong Ayam Cuma Rp 70 Ribu

Baca: Wolves Beri Peringatan ke Manchester United Soal Transfer Raul Jimenez

“Ayam-ayam alyer jantan itu sudah melebihi usia panen. Umur panen yang umum adalah 50 hari dengan berat  7 sampai 8 ons/ekor . Kini di kandang ada ayam yang usianya sudah 70 hari, berat-berat rata-rata 1,2 kg/ekor," katanya.

Kondisi ini membuat peternak serba bingung, mau dijual tidak ada yang beli, sementara jika dibiarkan tertahan dalam kandang, tentu membutuhkan pakan yang tidak sedikit dan biaya produksi terus membengkak.

Halaman
123
Berita Populer
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved