Breaking News:

Virus Corona

12 Daerah di Sulsel Diklaim Aman dari Covid-19

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kepala Dinas Sulsel Ichsan Mustari merilis 12 kabupaten/kota yang aman

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi swab test 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR--  Provinsi Sulawesi Selatan boleh senang, penanggulangan Covid-19 di 12 kabupaten/kota telah menunjukkan keberhasilannya.

Penularan wabah menatikan itu berhasil ditangani dengan baik sehinggga kini aman dari virus corona setelah angka reproduksi efektif (Rt) di bawah satu Covid-19.

Kepala Dinas Sulsel Ichsan Mustari menyebut 12 daerah yang aman tersebut ialah Bantaeng, Palopo, Pinrang, Barru, Toraja Utara, Tana Toraja, Bulukumba, Selayar, Enrekang, Wajo, Jeneponto, serta Pangkep.

"Sebanyak 12 wilayah yang dinyatakan aman dan dikelompokkan dalam Rt dibawah satu dengan jumlah pasien positif nol," ujar Ichshan Mustari, Minggu (31/05/2020).

Ichsan mengatakan dari 12 daerah tersebut, kasus positif Covid-19 terus menurun. Selain itu, kata Ichsan, angka sembuhan di 12 daerah tersebut juga semakin tinggi.

Baca: Baihakki Khaizan Ungkap Sosok Pemain Terdekat Hingga Kuliner Kesukaan di Indonesia

Baca: PKS Merapat Gabung ke Koalisi Demokrat di Pilkada Tangsel

Baca: Kartu Prakerja Gelombang 4: Pendaftaran Diundur, Ini Cara Unggah Ulang Foto KTP dan Swafoto

"Kasus Covid-19 semakin menurun bahkan angka reproduksi (RT) virus pun bahkan menurun di posisi di bawah satu yang sebelumnya capai angka 3,8," ujar Ichsan.

Ichsan mengatakan bahwa penurunan angka reproduksi tersebut sesuai dengan harapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang menyebut Sulsel bebas corona di akhir Mei.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel ini mengatakan bahwa pernyataan tersebut berlandaskan indikator pada pertengahan Mei 2020, kurva orang yang terpapar Covid-19 di Sulsel melandai.

"Jumlah pasien yang sembuh juga mencapai 39 persen lebih. Ini rasio tertinggi secara nasional," ucap Ichsan.

Saat ini, kata Ichsan penanganan kasus positif Covid-19 di Sulawesi Selatan dilakukan terpusat di Makassar. Dia menyebut bahwa jumlah persediaan kamar rumah sakit jauh melebih cukup.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved