Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Pilkada 2020 Diprediksi Penuh Kejutan di Akhir

bobot Pilkada Serentak di Mataram , Lombok Tengah dan Sumbawa Besar dipandang memiliki kelebihan dibanding Pilkada di kabupaten lain

net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Tujuh kabupaten dan kota menggelar Pilkada, yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, dan Bima.

Lembaga M16 memmetakan kontestasi pesta demokrasi rakyat di Pulau Seribu Masjid itu. M16 memprediksi Pilkada di kota Mataram, Loteng dan Sumbawa Besar akan berlangsung seru.

Baca: Suhendra Prediksi Sengketa Pilkada 2020 Meningkat

Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, mengatakan bobot Pilkada Serentak di Mataram , Lombok Tengah dan Sumbawa Besar dipandang memiliki kelebihan dibanding Pilkada di kabupaten lain di NTB.

Menurut dia, hal ini tentu tidak terlepas dari posisi wilayah yang dianggap memiliki nilai strategis, termasuk dari sisi geopolitik.

Baca: Jelang Pilkada, Mendagri Imbau Pilih Pemimpin yang Mampu Selesaikan Covid-19

"Selain itu tidak kalah pentingnya yakni Uniform para elit politik yang bertarung di wilayah tersebut mencerminkan kapasitas dan power politik yang dimilikinya," kata dia, dalam keterangannya, Sabtu (1/8/2020).

Dia menjelaskan, di ajang pilkada semua akan 'dipertaruhkan' demi prestise dan marwah politik.

Maka tak heran jika nanti Adu Kuat Elit yang 'bertarung' penuh dengan kejutan di akhir ronde.

Sementara itu jelang masa pendaftaran calon di KPU awal September mendatang, konfigurasi dan bloking Parpol makin mengerucut front politiknya.

Baca: ICW Ingatkan Partai Politik Tak Usung Mantan Narapidana Korupsi Dalam Pilkada 2020

Halaman
123
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved