Breaking News:

Penanganan Covid

Komisi IX DPR Siap Jadi Relawan Uji Klinis Fase 2 Vaksin Nusantara

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena siap untuk jadi relawan uji klinis fase II vaksin Covid-19 buatan dalam negeri, vaksin nusantara.

TRIBUN LAMPUNG/Deni Saputra
ILUSTRASI. Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid 19 Sinovac tahap kedua kepada pejabat kota Bandar Lampung di Halaman Gedung Pelayanan Satu Atap, Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung, Jumat (29/1/2021). Vaksinasi tahap dua di kota Bandar Lampung dilakukan 14 hari setelah tahap pertama dan ditargetkan sebanyak 9.624 vaksin Covid 19 Sinovac untuk pejabat Pemerintah Daerah, anggota DPRD, tenaga kesehatan, TNI dan Polri. (Tribun Lampung/DENI SAPUTRA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja untuk memantau jalannya penelitian dalam pembuatan Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Kariadi, Semarang.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena mengatakan pihaknya siap untuk menjadi relawan uji klinis fase II vaksin Covid-19 buatan dalam negeri tersebut. 

Sejumlah anggota Komisi IX DPR tersebut Abidin Fikri dari fraksi PDIP, Darul Siska fraksi Partai Golkar, Fadholi dari fraksi Nasdem, Ade Riski Pratama dari fraksi Gerindra, dan Nurul Yasin dari fraksi PKB. 

"Semua anggota Komisi IX yang hadir bersedia untuk relawan uji klinis fase 2 Vaksin Nusantara," ujar Melki, dalam keterangannya, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang, Jokowi Didampingi Anies, Kompak Pakai Kemeja Putih

Dia menambahkan pihaknya mendorong agar adanya percepatan dalam pengembangan Vaksin Nusantara berdasarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang percepatan produksi dan penggunaan Obat dan Alat Kesehatan Dalam Negeri.

Politikus Golkar itu juga menyampaikan hasil paparan dari tim peneliti Vaksin Nusantara yang menggunakan metode pengambilan sample darah dari calon penerima vaksin. 

Sample tersebut diletakkan ke alat khusus untuk kemudian dipertemukan dengan antigen.

Kemudian, sample darah tadi dibiarkan selama sepekan untuk menghasilkan antibodi sebelum disuntikkan kembali kepada penerima Vaksin Nusantara setelah menghasilkan antibodi untuk melawan virus corona.

"Di dalam proses dan darah itu tadi akan menghasilkan semacam antibodi dan vaksin sendiri yang berasal dari orang tersebut," jelas Melki.

Baca juga: Wapres Maruf Divaksinasi Pakai CoronaVac Hari Ini

Berdasarkan paparan dari tim peneliti Vaksin Nusantara, hal ini dipastikan aman setelah melakukan uji klinis fase 1 kepada lebih dari 30 relawan vaksin.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved