Breaking News:

Pasca Meninggalnya Mahasiswa saat Diklat, Menwa UNS Didesak untuk Dihentikan dan Dievaluasi

Seorang mahasiswa UNS berinisial GE, meninggal dunia setelah mengikuti diklat yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa), pada Minggu (24/10/2021).

NST
Ilustrasi jenazah. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berinisial GE, meninggal dunia setelah mengikuti diklat yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa), pada Minggu (24/10/2021).

Menanggapi hal tersebut, aktivis sekaligus mantan Ketua Peradi Solo, Badrus Zaman meminta agar Menwa UNS bisa belajar dari pengalaman yang pernah terjadi sebelumnya.

"Resimen mahasiswa UNS tidak mau belajar kejadian dulu. Karena dulu pernah terjadi penganiayaan saat Diklat Menwa," kata Badrus dilansir Tribun Solo, Selasa (26/10/2021).

Badrus menambahkan kejadian ini seharusnya bisa dijadikan evaluasi, baik dari pihak kampus maupun dari penyelenggara kegiatan.

Ketua Peradi Solo, Badrus Zaman SH MH dalam tayangan Kacamata Hukum bersama Tribunnews, Senin (8/3/2020).
Ketua Peradi Solo, Badrus Zaman SH MH dalam tayangan Kacamata Hukum bersama Tribunnews, Senin (8/3/2020). (Youtube Tribunnews.com)

Baca juga: Mahasiswa UNS yang Meninggal saat Diklat Menwa Diautopsi, Keluarga Pasrah, Serahkan Kasus ke Polisi

Namun demi mencegah terjadinya kejadian serupa, Badrus menilai Menwa UNS harus dihentikan untuk sementara.

"Menurut saya, untuk sementara waktu Menwa UNS harus dihentikan, karena kejadian terus terulang," imbuhnya.

Selain itu, Badrus juga menganjurkan agar evaluasi tidak hanya dilakukan oleh kampus UNS saja, tapi juga seluruh kampus yang ada di Indonesia.

"Menteri Pendidikan harus melakukan evaluasi kejadian ini, tak hanya di UNS, tapi semua kampus. Agar kejadian ini tak terulang lagi," pungkasnya.

Baca juga: Wajah Penuh Luka hingga Lebam, Keluarga Setuju Jenazah Mahasiswa UNS Solo Diautopsi 

Polisi Olah TKP dan Periksa Sejumlah Saksi

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, seorang mahasiswa UNS berinisial GE meninggal setelah mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa), Senin (25/1/2021).

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved