Bupati Sidoarjo Ancam Pecat Petugas Satpol PP yang Pungli kepada PKL

Bupati mempersilahkan warga melapor ke kantor Satpol PP jika menemui anggotanya yang melalukan pungutan liar.

Editor: Erik S
Tribunnews
Ilustrasi pungli Bupati mempersilahkan warga melapor ke kantor Satpol PP jika menemui anggotanya yang melalukan pungutan liar. 

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan selama ini penegakan perda di Sidoarjo, Jawa Timur terutama urusan penertiban PKL, dirasa masih belum maksimal.

Ada sejumlah faktor penyebab, di antaranya masih rendahnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat, khususnya para PKL. Serta terbatasnya tempat yang menjadi sentra PKL.

"Dalam menjalankan tugas, Satpol PP memang harus tegas. Tapi tetap wajib mengedepankan humanis," kata Bupati Muhdlor usai rapat bersama sejumlah pejabatnya, Jum'at (4/3/2022).

Karena itu, seluruh jajaran Satpol PP terutama yang bertugas di lapangan, diminta terus meningkatkan kompetensinya dalam hal komunikasi dengan masyarakat.

Baca juga: Pesepeda asal Surabaya Tiba-tiba Jatuh dan Meninggal Dunia di Sidoarjo

Menurut Muhdlor penegakan sipil berbeda dengan penegakan institusi hukum seperti TNI-Polri. Ia tidak ingin pemerintahan di bawah kemimpinannya malah terkesan kaku dan tidak humanis.

Gus Muhdlor juga mewanti-wanti kepada jajarannya tidak melakukan perbuatan yang merugikan masyarakat.

Kasat Pol PP Sidoarjo, Widiantoro Basuki diminta melakukan tindakan tegas jika ada anak buah atau jajarannya yang melanggar aturan.

"Di situasi seperti sekarang ini, ketika semua energi fokus pada pemulihan ekonomi, jangan sampai ada yang berbuat tidak terpuji. Seperti melakukan pungli kepada PKL dan sebagainya," tegasnya.

Baca juga: Polisi Tembak 2 Maling Motor yang Beraksi Puluhan Kali di Surabaya dan Sidoarjo 

Masyarakat juga diajak ikut andil dalam mendorong perubahan Sidoarjo seperti yang diharapkan selama ini.

Kasatpol PP Sidoarjo Widiantoro sendiri sudah mengeluarkan ultimatum kepada jajarannya agar tidak melakukan praktik pungli terhadap para PKL.

Bahkan, pejabat yang akrab dipanggil Wiwid tersebut mempersilahkan warga melapor ke kantor Satpol PP jika menemui anggotanya yang melalukan pungutan liar.

"Jika ada oknum anggota Satpol PP yang menerima uang pungli dari PKL akan ditindak tegas sesuai dengan UU berlaku. Sanksinya sampai pemberhentian dengan tidak hormat. Masyarakat silakan melapor kalau melihat prilaku seperti itu, kami akan langsung tindak tegas," ujar Kasatpol PP

Berita ini telah tayang di Tribun Jatim berjudul:

Warga Sidoarjo Diminta Melapor Bila Temukan Petugas Satpol PP yang Pungli Terhadap PKL

Sumber: Tribun Jatim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved