Andre Rosiade Serahkan Bantuan Rp1,4 Miliar untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Legislator Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
dok. Jaka/Man (dpr.go.id)
Andre saat menyampaikan interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020 yang dipimpin Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/5/2020). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Legislator Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatra Barat (Sumbar).

Andre mengantarkan bantuan langsung di lokasi pusat gempa di Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar senilai Rp1,4 miliar.

“Kami datang sebagai Anggota DPR RI yang ditugaskan Pak Prabowo Subianto di Komisi VI yang bermitra dengan BUMN. Kami datang untuk membantu meringankan bantuan untuk masyarakat Pasbar dengan menggalang bantuan dari 10 BUMN senilai total Rp1,4 miliar,” kata Andre Rosiade dalam siaran pers yang diterima, Selasa (8/3/2022).

Bersama Bupati Pasbar Hamsuardi, Andre mengatakan bantuan yang diantarkannya langsung ke posko pengungsi itu berasal dari Bank Mandiri sebesar Rp250 juta, BRI sebesar Rp250 juta, BNI sebesar Rp150 juta, Pertamina sebesar Rp150 juta, Telkomsel sebesar Rp100 juta, Pelindo sebesat Rp100 juta, PTPN sebesar Rp100 juta, Pupuk Indonesia sebesar Rp100 juta, Semen Indonesia sebangak 1.500 Sak Semen (setara Rp100 juta) dan Hutama Karya sebesar Rp100 juta.

Sebagai mitra BUMN, dirinya sangat berterima kasih atas bantuan 10 BUMN ke Pasbar.

Baca juga: PT Surveyor Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Dia juga mendoakan semoga Menteri BUMN Erick Thohir cepat sehat dan kembali pulih pascaterkena Covid-19.

"Hari ini kita antarkan Rp1,4 miliar. Namun yang paling penting adalah pascatanggap darurat ini. Kami dari Partai Gerindra tidak akan tinggal diam dan akan terus fokus menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekons),” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

DPP Partai Gerindra, dikatakan Andre, juga sudah menugaskan anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 Ade Rezki Pratama yang saat ini berada di Komisi IX pindah ke Komisi V yang bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk menuntaskan persoalan pascagempa di Pasbar dan Pasaman.

Di kesempatan yang sama, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade terima kasih meluangkan waktu datang ke Kajai, Pasbar.

“Harapan kita dengan kehadiran pak Andre Rosiade, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar," kata dia.

Baca juga: Sejumlah Bantuan Kebutuhan Dikirim ke Korban Bencana Alam di Serang dan Pasaman Barat

Hamsuardi mengatakan saat ini masih ada  ribuan rumah yang rusak karena gempa, lalu 15 ribu orang mengungsi.

"Ada pengungsian di halaman kantor bupati dan rumah bupati dan lain-lain. Ada juga yang mengungsi sendiri di sekitar rumah. Bahkan, di halaman kantor bupati ada 2.800 pengungsi dan sisanya bertebaran di luar,” kata Hamsuardi.

Hamsuardi juga mohon maaf bila masih ada pengungsi yang belum tersentuh.

“Harapan kira, pasca-Kamis berakhir tanggap darurat, selanjutnya rehab Rekon. Ada 70 orang pendata dari Universitas Andalas. Semoga segera tuntas pendataan dan dapat dibangun kembali. Mencari lokasi hunian sementara atau hunian tetap. Mau pindah atau dibangun di rumah itu juga,” pungkas dia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved