Mudik Lebaran 2022

Sambut Mudik Lebaran 2022, Sentra Vaksin Generasi Maju Digelar di Kabupaten Bekasi

Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 dalam mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022 digelar di Kabupaten Bekasi.

Editor: Sanusi
ist
Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 dalam mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022 digelar di Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 dalam mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022 digelar di Kabupaten Bekasi.

Sentra vaksinasi ini melayani vaksinasi booster dan vaksinasi anak usia 6-12 tahun lebih dari 2.000 masyarakat umum dan anak-anak di Masjid Karang Haur, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi pada Sabtu, (23/4/2022).

Program tersebut digelar oleh Danone Indonesia bersama dengan program “Satu Juta Vaksin Jawa Barat” yang diinisiasi oleh BPBD Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Baca juga: Jelang Libur Panjang Golden Week di Jepang, PM Kishida Imbau Warga Vaksinasi Booster & Tes Antigen

Program vaksinasi ini dihadiri oleh Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Bekasi dan Sekretaris Umum HIPMI BPC Kabupaten Bekasi, Tuti Yasin, Camat Pebayuran, Hanif serta perwakilan Danone Indonesia yang hadir dalam meninjau pelaksanaan program di lapangan.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, jumlah penduduk di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan dalam beberapa periode terakhir yang mana hal ini juga disebabkan akibat meningkatnya jumlah pendatang di wilayah tersebut.

Baca juga: Jelang Libur Lebaran, Binda Riau Gencarkan Vaksinasi Booster untuk Buruh Pabrik

Sehingga kemungkinan mobilitas masyarakat yang lebih tinggi dapat terjadi pada saat periode libur lebaran. Sedangkan, data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat menyatakan bahwa vaksinasi dosis penguat atau booster di daerah tersebut mencapai angka 25 persen dari total sasaran sebanyak 2.417.794 jiwa.

Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menyampaikan, lonjakan kasus angka COVID-19 dalam situasi periode lebaran dalam beberapa tahun terakhir dan sejalan dengan pelonggaran aturan mudik, memicu kepedulian pihaknya untuk turut serta dalam menghadirkan program vaksinasi bagi masyarakat.

Inisiatif tersebut dihadirkan agar kekebalan tubuh bagi anak dan juga masyarakat dapat terjaga khususnya dalam situasi menjelang libur lebaran tahun ini.

"Hadirnya sentra vaksinasi Generasi Maju diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) bagi seluruh masyarakat dan juga vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun di sekitar Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi," katanya dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Sementara itu, Ketua HIPMI Jawa Barat Surya Batara Kartika, menambahkan, HIPMI Jawa Barat berkomitmen penuh dalam akselerasi penyerapan vaksin di Jawa Barat bersama dunia usaha dalam rangka mendukung pemerintah provinsi Jawa Barat dan percepatan pemulihan ekonomi termasuk untuk para pelaku usaha.

"Program Sentra Vaksinasi Generasi Maju ini menjadi sangat relevan ditengah kemungkinan meningkatnya mobilitas masyarakat dan peluang akan meningkatnya roda ekonomi di tengah situasi libur lebaran," ujarnya.

Ketua Pelaksana Program Satu Juta Vaksin Jawa Barat, Fauzan Kemal Akbar, menjelaskan, program Satu Juta Vaksin telah dijalankan sejak tahun 2021 yang lalu dan telah aktif bekerja sama dengan berbagai pihak, dalam hal memberikan vaksin gratis kepada masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih kepada Danone Indonesia yang telah bersedia untuk bergabung dalam program Satu Juta Vaksin Jawa Barat, dan membantu masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya pada kecamatan Pebayuran. Dalam penyelenggaraannya, kami bekerjasama dengan pihak setempat seperti RT dan RW dalam memobilisasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi sehingga target 2000 orang dapat tercapai. Di sisi lain, kami juga bersyukur ternyata antusiasme masyarakat juga sangat tinggi untuk melakukan vaksin booster," katanya.

Selama pandemi, Danone Indonesia telah mendukung akselerasi vaksinasi dengan mendukung di lebih dari 152 sentra vaksinasi di 28 kota di Indonesia.

“Semangat dan optimisme menyambut transisi dari pandemi menjadi endemi perlu diimbangi dengan sikap tanggung jawab bersama melalui upaya perlindungan dan peningkatan kesehatan masyarakat khususnya pada periode yang kritikal seperti saat Periode Hari Raya Idul Fitri. Melalui kolaborasi dan sinergi yang dijalankan, diharapkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat sekitar dapat mempermudah dan meningkatkan kekebalan tubuh saat mudik lebaran tahun ini,” tutup Arif Mujahidin.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved