NXC International Summit 2022 Tampilkan Karya Seni dalam Bentuk Virtual Reality

Para pengunjung NXC International Summit 2022 akan mendapatkan pengalaman unik dan istimewa

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Erik S
Dok Artopologi
Virtual Reality di NXC International Summit 2022, Bali 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di era disrupsi digital sekaligus pandemi Covid-19 ini, nyaris semua seniman menampilkan karya mereka melalui digitalisasi.

Hal ini dilakukan guna menjangkau penikmat seni secara luas di berbagai wilayah maupun dunia.

Baca juga: Melalui Digitalisasi, Bos ASDP Sulap Wajah Pelabuhan Penyeberangan Jadi Lebih ‘Beradab’

Salah satu marketplace online penyaji karya seni otentik dan terkurasi, Artopologi memulai rangkaian pameran karya seni terintegrasi Web3, melalui partisipasinya dalam perhelatan Web3 tingkat dunia 'NXC International Summit 2022' di Nusa Dua, Bali, pada 31 Agustus hingga 2 September 2022. 

Bersama VR Park selaku Virtual Reality (VR) developer, dalam kegiatan ini Artopologi menyajikan pengalaman VR dari epos Ramayana hasil karya seniman digital tanah air, Febrian 'Graves' Satria.

Perlu diketahui, VR adalah teknologi yang membuat user atau pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia virtual.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Konferensi Digitalisasi Layanan Kesehatan Se-Asia Pasifik

Melalui rangkaian pameran ini, Artopologi berharap dapat menjembatani dunia seni dengan teknologi.

Para pengunjung NXC International Summit 2022 akan mendapatkan pengalaman unik dan istimewa saat masuk ke dalam kisah Ramayana di dunia metaverse.

Di wahana VR Park atau Virtual Reality Amusement Center, pengunjung juga dapat berinteraksi dalam jarak dekat dengan para tokoh kisah legendaris Ramayana yang dituangkan dalam lensa VR.

Hadirnya epos Ramayana dalam ruang virtual tersebut, tentu merupakan hasil kolaborasi Artopologi dan VR.

Artopologi berperan sebagai marketplace karya seni yang terintegrasi dengan blockchain, sedangkan VR Park selaku VR developer, serta menggandeng seniman digital tanah air Febrian 'Graves' Satria.

Founder dan CEO Artopologi, Intan Wibisono pun mengaku bangga bisa berkolaborasi dengan Graves dan VR Park.

Baca juga: Bio Farma Raih Sertifikat INDI 4.0 Level 3 Hadirkan Digitalisasi Farmasi di Expo Indonesia 4.0 2022

"Kami bangga dapat memfasilitasi kolaborasi antara (Febrian) Graves dengan VR Park, yang hadir untuk memimpin Indonesia memasuki metaverse, memungkinkan semua orang dari segala usia untuk berinteraksi dengan konvergensi pertama dan terbesar antara realitas dan dunia maya, serta menyatukan semua melalui pengalaman baru dalam lensa VR," kata Intan, dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Ia kemudian menjelaskan perhelatan akbar tahunan NXC International Summit 2022 ini merupakan kesempatan besar bagi para seniman dan startup lokal untuk unjuk kemampuan di dunia internasional. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved