Lebih Berani Eksplorasi Hal Baru, Terapkan 3 Tips Ini Hingga Manfaatkan Promo ShopeePay

Situasi yang terus tidak menentu dikombinasikan dengan perubahan yang begitu dinamis membuat kehidupan saat ini, bagi beberapa orang

Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNEWS.COM – Situasi yang terus tidak menentu dikombinasikan dengan perubahan yang begitu dinamis membuat kehidupan saat ini, bagi beberapa orang, mendatangkan rasa stres dan jenuh yang tak tertahankan.

Menggali dan mencoba hal pun baru jadi salah satu cara jitu untuk mengatasi keadaan tersebut, apalagi hal ini diperkuat pernyataan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dalam publikasinya menyarankan masyarakat untuk memulai atau mengembangkan hobi yang bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mengendalikan stres dan mencapai jiwa yang sehat.

Cara tersebut juga diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman di tengah situasi yang kurang kondusif.

“Secara psikologis, otak manusia memang akan cenderung berusaha untuk melawan kejenuhan dan mendorong diri kita untuk terus aktif. Itu sebabnya, mengeksplorasi hal baru bisa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas sehingga dapat menggantikan pikiran-pikiran negatif,” ujar Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog dan Co-Founder TigaGenerasi.

Baca juga: Jokowi Kagum, Talenta Digital Lokal di Induk Perusahaan Shopee Beri Solusi Teknologi Bagi UMKM

Saskhya menambahkan, selain mengurangi stres, mencoba hal baru juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mendatangkan sense of accomplishment (rasa bangga terhadap diri sendiri) karena telah berhasil memulai hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Selain saran di atas, Saskhya juga mengungkapkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin memulai hal baru, di antaranya:

Konsisten menikmati proses

Ketika ingin memulai hal baru, kamu harus sadar betul dan memasang mindset bahwa tidak ada proses yang instan.

Oleh karena itu, penting untuk mengapresiasi setiap progres kecil yang telah kamu capai dan menyikapi jatuh bangun dengan pikiran yang lebih terbuka.

“Keadaan yang sering berubah ini kerap membuat tujuan tiap orang berubah. Namun, kunci utama dalam menjalani journey yang baru adalah konsisten, mengetahui bahwa kemungkinan terburuk bisa saja terjadi, serta mencari sisi yang menyenangkan agar terus semangat,” ujar Saskhya.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved