Breaking News:

Membedah Sistem Pengumpulan Data Pengguna Apple dan Android, Mana yang Lebih Aman?

Dua raksasa teknologi smartphone, Apple dan Android kerap terlibat adu kecanggihan terutama dalam menghitung jumlah data

Kolase Tribunnews
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua raksasa teknologi smartphone, Apple dan Android kerap terlibat adu kecanggihan terutama dalam menghitung jumlah data pengguna aktif.

Perangkat teranyar Apple, iPhone selama ini seringkali dianggap merupakan ponsel yang menjamin kerahasiaan data penggunanya.

Begitu juga sistem operasi perangkat smartphone milik Google, Android, perangkat ini telah mengalami beberapa kali perubahan privasi demi menjaga data penggunanya agar terhindar dari tindak kejahatan siber.

Meski keduanya beradu klaim bahwa sistem keamanannya memiliki kemampuan yang baik, Apple iOS dan Android sejatinya sama-sama menghimpun data pengguna.

Penghimpunan data pengguna itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah terkini dari perangkat tersebut setiap waktunya.

Baca juga: Unik, Apple Patenkan Desain Parutan Keju untuk Perangkat iPhone

Sebuah riset yang dilakukan Douglas Leith dari Universitas Trinity College of Dublin, Irlandia menyebut jika Google mengambil data 20 kali lebih banyak dari pengguna Android dibanding Apple, seperti laporan yang ditulis laman The Register, Kamis (1/4/2021).

Leith menggunakan sampel perangkat ponsel Google Pixel 2 yang menjalankan sistem operasi Android 10 dan iPhone 8 yang menjalankan sistem operasi iOS 13.6.1. Dalam risetnya tersebut, kedua sistem operasi itu mengirimkan data telemetri ke server induk.

iOS dan Android, sama-sama memiliki teknologi telemetri yang memungkinkan pengukuran jarak jauh dan mengirimkan informasi ke pembuat sistem operasi.

Baca juga: Coocaa Kenalkan TV Cerdas Android 10.0 dalam 3 Pilihan Ukuran Layar

Bahkan data telemetri tetap bisa dikirim meskipun pengguna belum log-in ke perangkat.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved