Breaking News:

Apple dan Google Hapus Aplikasi Oposisi Rusia, Pengamat: Berita Buruk bagi Demokrasi

Smart Voting, aplikasi yang dibuat oleh oposisi pemerintah Rusia dihapus oleh Apple dan Google. Hal tersebut dianggap menciderai demokrasi.

bbc.com
Bentuk tampilan aplikasi Smart Voting yang telah dihapus oleh Google dan Apple akibat permintaan dari pemerintahan Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Apple dan Google telah menghapus aplikasi bernama Smart Voting setelah pemerintah Rusia memintanya.

Smart Voting merupakan alat bagi oposisi dari Presiden Rusia, Vladimir Putin terkait pemilihan umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan seminggu ke depan.

Penghapusan tersebut dinilai semakin membuat kedua perusahaan tersebut semakin tunduk kepada hal yang berbau tidak demokratis dan hanya memikirkan tentang keuntungan saja.

Selain itu kedua perusahaan raksasa tersebut dianggap menyakiti perasaan pendukung pemilihan umum yang bebas dan kebebasan ekspresi.

Baca juga: Google Akan Sematkan Gmail Fitur Panggilan Telepon dan Video Call

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap Google Chrome Pada Layar Android, Komputer, iPhone, iPad, dan iPod

Padahal masing-masing perusahaan memiliki jargon yang serupa tentang demokrasi yaitu "Don't Be Evil" untuk Google serta "Commitment To Human Rights' bagi Apple.

Penasihat hukum di bidang teknologi untuk Acess Now, Natalia Krapiva menyatakan bahwa penghapusan tersebut merupakan kabar buruk bagi demokrasi.

"Ini kabar buruk bagi demokrasi dan konteks perbedaan pendapat di seluruh dunia."

"Keputusan ini memungkinkan seluruh pemimpin diktator juga melakukan hal serupa," tutur Natalia dikutip dari Associated Press (AP).

Acess Now merupakan grup di internet yang membahas tentang kebebasan.

Dikutip dari AP, padahal teknologi telah memberikan pelayanan bagi konsumen untuk media sosial hingga aplikasi dan melewati rintangan yang begitu sulit di negara-negara yang memiliki kekurangan dalam hal demokrasi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved