Tribunners / Citizen Journalism

Ratu Atut dan Kroni

Kroni Suami Airin yang Diduga Pemilik Rekening Gendut dan Layak Diperiksa KPK

Tiap tindakan korupsi lazimnya dilakukan secara berjamaah. Nah, siapa saja yang diduga kuat jadi 'jamaah' suami Airin?

Kroni Suami Airin yang Diduga Pemilik Rekening Gendut dan Layak Diperiksa KPK
Dokumentasi
Airin Rachmi Diany bersama suami, Tubagus C Wardhana. 

Oleh: Miftahun Najah

Status tersangka terhadap Tubagus Chaeri Wardhana (suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany) jadi sorotan khalayak luas bahkan menjadi isu yang menasional.

Menurut hemat kami dari Banten Crisis Centre (BCC), suami Airin tidak mungkin melakukan berbagai dugaan kasus korupsi sendirian. Tiap tindakan korupsi lazimnya dilakukan secara berjamaah. Nah, siapa saja yang diduga kuat jadi 'jamaah' suami Airin?

Itu jadi pertanyaan besar masyarakat Banten, khususnya Tangerang Selatan.

Yang pasti, terkait pertanyaan besar itu, BCC mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memeriksa Airin, terutama menyangkut dugaan keterlibatannya dalam kasus suap Pilkada Lebak, Banten, yang telah menjerat suaminya, Tubagus Chaeri Wardhana.

BCC mensinyalir, Airin diduga kuat tahu banyak soal dugaan korupsi proyek Alat Kesehatan (Alkes) di Tangerang Selatan yang juga sedang disidik KPK.

Dari dugaan serta kajian yang kami lakukan, kami menyimpulkan bahwa Airin merupakan kolaborator di semua proyek-proyek yang dipegang oleh suaminya, Wawan, terutama di bidang kesehatan dan proyek infrastruktur jalan, baik yang ada di Banten maupun Tangsel.

BCC mensinyalir, Airin diduga tidak saja ikut mengarahkan, bahkan ikut menentukan berapa nilai proyek yanAirin Rachmi Diany bersama suami, Tubagus C Wardhana, dalam sebuah kesempatan.g mesti dianggarkan. Selain itu, Airin juga diduga menerima gratifikasi dari berbagai pihak untuk memuluskan proyek dan jabatan di kalangan birokrasi Tangsel.

Nepotisme Tangsel

Airin juga turut menyuburkan nepotisme di kalangan birokrat Tangsel, terutama di beberapa pos kedinasan yang selama ini diisi oleh orang-orang Wawan melalui Airin.

Halaman
12
Editor: Agung Budi Santoso
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved