Blog Tribunners

5 Tanda Awal Kanker Tulang Ini Sering Disepelekan

Tanda awal kanker tulang tidak mudah dikenali, banyak orang ang menyepelekan kanker jenis ini karena dianggap tidak berbahaya. Padahal kanker tulang b

5 Tanda Awal Kanker Tulang Ini Sering Disepelekan
ilustrasi kaki

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tanda awal kanker tulang tidak mudah dikenali, banyak orang ang menyepelekan kanker jenis ini karena dianggap tidak berbahaya. Padahal kanker tulang bisa menurunkan kualitas hidup karena bisa membuat seseorang lumpuh jika tidak ditangani lebih awal.

Kanker tulang biasanya menyerang jaringan ikat (sarkoma), tulang rawan, dan sel-sel jaringan ikat dari tulang. Kanker tulang sering terjadi dekat lutut, paha, siku , tulang lengan atas. Nah berikut ada beberapa tanda kanker tualng yang perlu kamu ketahui.

1. Nyeri Hilang lalu Kembali lagi

Gejala utama kanker tulang muncul sejak awal penyakit ini, awalnya hanya nyeri ringan, dan hilang begitu saja. Seiring dengan perkembangan penyakit, rasa sakit dapat semakin meningkat. hal inilah ang membuat penderitannya kesulitan mengenali sejak awal, nah jika anda merasakan nyeri yang aneh pada tulang jangan anda abaikan.

2. Pembengkakan

Pada tahap awal, akan muncul benjolan dapat dan akan mudah terasa saat diraba. Pada tahap tertentu  menyebabkan pembengkakan pada jaringan tulang.

3. Disfungsi Tulang

Ketika seorang pasien menderita kanker tulang yang lebih parah atau terlambat ditangani, penyakit ini akan menyebabkan beberapa rasa sakit, bengkak, dan fungsi tulang yang hilang lalu menyebabkan gejala-gejala distrofi otot.

4. Kecacatan

Perkembangan kanker tulang akan mempengaruhi tulang-tulang genus, menyebabkan gejala kelainan bentuk, kanker tulang bisa menyebabkan cacat tubuh, karena kankerdapat menyebabkan perubahan abnormal dibandingkan dengan sebelumnya.

5. Kelumpuhan

Kanker tulang akan memicu kerusakan tulang dampak ringannya akan membuat mudah patah pada tulang anda, pada tahap yang parah bisa menyebabkan kelumpuhan.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved