Tribunners / Citizen Journalism

Pilkada Serentak

Menimbang Gibran, Bobby, dan Kaesang

Survei dilakukan di 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Survei menguji tiga kategori, yakni popularitas, akseptabilitas, dan el

Menimbang Gibran, Bobby, dan Kaesang
Kolase TribunMataram.com/ Dok Tribunnews
Gibran Rakabuming, Bobby Nasution, Kaesang Pangareb dan Presiden Jokowi 

Oleh: Karyudi Sutajah Putra

TRIBUNNEWS.COM - Salahkah menggunakan “aji mumpung” dalam berpolitik? Tidak!

Sebab, politik adalah seni memanfaatkan momentum. Siapa cepat, dia dapat. Yang salah adalah jika “aji mumpung” itu digunakan dengan menyalahi aturan.

Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa calon walikota Surakarta, Jawa Tengah.

Pun, Bobby Nasution masuk dalam bursa calon walikota Medan, Sumatera Utara.

Gibran dan Kaesang adalah putra sulung dan putra bungsu Presiden Joko Widodo, sedangkan Bobby adalah menantu Jokowi karena ia suami dari Kahiyang Ayu, putri tunggal Jokowi yang berada di tengah antara Gibran dan Kaesang, sehingga dalam istilah Jawa disebut “sendang kapit pancuran”.

Nama Gibran dan Kaesang muncul dalam survei Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020.

Survei dilakukan di 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Survei menguji tiga kategori, yakni popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas.

Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka tertinggi, yakni 90%. Dengan angka yang sama muncul nama Achmad Purnomo, Wakil Walikota Surakarta saat ini.

Nama Kaesang muncul di urutan ketiga dengan persentase popularitas 86%. Selain Gibran, Kaesang, dan Achmad Purnomo, tidak ada nama lain yang mendapat angka popularitas signifikan di atas 50%, bahkan Ketua DPRD Kota Surakarta Teguh Prakosa berada di urutan keempat dengan tingkat pengenalan hanya 49%.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved