Tribunners / Citizen Journalism

Demokrasi (Kabinet) Kekeluargaan

Kehadiran Prabowo dalam Kabinet Jokowi semakin menegaskan bahwa sosok demokrasi yang cocok untuk Indonesia bukanlah sosok demokrasi modern

Demokrasi (Kabinet) Kekeluargaan
ist
Dr Osbin Samosir, M.Si

*) Oleh: Dr Osbin Samosir, M.Si

 
“Saudara-saudara, saja usulkan: Kalau kita mentjari demokrasi, hendaknja bukan démokrasi Barat, tetapi permusjawaratan jang memberi hidup

--Soekarno dalam Rapat BPUPKI 1 Juni 1945--

KRITIK terbesar para Bapak Pendiri Bangsa (Founding Fathers) ketika merumuskan fondasi dasar negara bangsa Indonesia yang hendak dibangun adalah menolak  seluruh format demokrasi yang dibangun oleh negara Barat dan Amerika.

Demokrasi yang khas Indonesia berbasis kekeluargaan. Semangat itu sedang bertumbuh ketika melihat Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet  Indonesia Kerja Jilid II  Rabu 23 Oktober 2019.

Dalam dua kali periode Pemilihan Presiden secara langsung oleh rakyat yakni Tahun 2014 dan Tahun 2019, kedua figur  itu bertarung sangat ketat (face to face) bahkan meninggalkan emosi dan luka batin bagi para pihak pendukung kedua kubu.

Kehadiran Prabowo dalam Kabinet Indonesia Kerja Jilid II semakin menegaskan bahwa sosok demokrasi yang cocok untuk Indonesia bukanlah sosok demokrasi modern.

Baca: 5 Mantan Menteri Jokowi yang Pamit Mundur, Susi Pudjiastuti Beri Pesan Khusus ke Edhy Prabowo

Demokrasi di Eropa Barat dan Amerika sebagai asal muasal demokrasi menempatkan partai dan calon presiden dari kubu yang kalah di luar pemerintahan  sebagai oposan.

Pihak oposisi akan selalu mengkritisi kebijakan pemerintah yang berkuasa (the ruling party).

Bukan hanya sekedar mengkritik kebijakan pemerintah,  kalangan oposisi bahkan akan memberi solusi alternatif atas kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang dianggap tidak memihak kepentingan masyarakat luas.

Hasil kerja kedua kubu dinilai oleh masyarakat pemilih  di Pemilihan Umum berikutnya.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved