Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Kolom Priyambodo RH

In Memoriam: Jakob Oetama Sang Guru Jurnalisme

“Jadi guru dan wartawan itu sama. Tugasnya mendidik. Guru di ruang kelas kecil. Wartawan mendidik masyarakat luas, kelasnya besar.

Istimewa
Jakob Oetama bersama penulis, Priyambodo RH. 

Oleh: Priyambodo RH *)

“Kebebasan pers akan lebih besar manfaatnya jika disertai peningkatan ‘profesional competence’, termasuk di dalamnya ‘profesional ethic’.”

Rangkaian kalimat di atas disampaikan tokoh pers Jakob Oetama medio Januari 2009 kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya.

Hari ini Pak Jakob, demikian panggilan akrabnya di kalangan pers nasional, wafat di usia 88 tahun. Ia berpulang 18 hari jelang hari ulang tahun ke-89 pada 27 September 2020.

Kepada para wartawan, tokoh pendiri kelompok bisnis multimedia Kompas Gramedia (KG) tersebut senantiasa berpesan betapa pentingnya meningkatkan kompetensi diri dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik sebagai kehormatan sekaligus kewajiban profesi berjurnalisme.

Ucapan mengenai kompetensi profesional dan etika profesional juga termaktub di halaman 459 buku karya Jakob Oetama yang berjudul “Pers Indonesia, Berkomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus” garapan Penerbit Kompas, Jakarta, pada September 2004 untuk cetakan ketiga.

Saat ada yang menanyakan betapa persisnya ucapan langsung Pak Jakob dengan yang tertoreh di bukunya, ia pun berujar, “Saya berangkat jadi guru, kemudian jadi wartawan. Saya terbiasa menyampaikan yang tertulis sama persis dengan yang terucapkan.”

Bahkan, pria yang tempat lahirnya di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, tersebut sering melontarkan kelakar sekaligus satu makna hidupnya.

“Jadi guru dan wartawan itu sama. Tugasnya mendidik. Guru di ruang kelas kecil. Wartawan mendidik masyarakat luas, kelasnya besar, bisa tidak terbatas.”

Selain itu, ia menimpali, “Jadi guru dan wartawan harus punya pantangan yang sama. ‘Ojo Jarkoni, iso ujar ning ora iso nglakoni’.

Halaman
1234
Editor: Achmad Subechi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved