Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Jakob Oetama dan Kenangan Bibit Pohon Ulin dari Jenderal Doni Monardo

Doni mengenang, saat berbincang santai di ruang kerja Jakob Oetama, lantai 6 gedung Kompas Gramedia, topik ulin menjadi bagian pembicaraan keduanya.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Keluarga dan kerabat menaburkan bunga di makam Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama usai upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). Jakob Oetama dimakamkan dengan prosesi kenegaraan di TMP Kalibata yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Tribunnews/Irwan Rismawan 

OLEH : Roso Daras, Wartawan Senior

DONI Monardo tentara. Jakob Oetama jurnalis. Pertautan persahabatan keduanya, ditandai sebuah bibit pohon ulin, yang diserahkan Doni kepada Jakob pada 2013.

“Pohon ulin adalah salah satu pohon endemi khas Indonesia. Dikenal sebagai ironwood (eusideroxylon zwageri),” ujar Doni Monardo, mengenang pertemuan pertama kalinya dengan almarhum.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo berbincang dengan redaksi Tribun Network di Jakarta, Senin (7/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo berbincang dengan redaksi Tribun Network di Jakarta, Senin (7/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)

Berbicara di ruang kerjanya, Doni Monardo tak bisa menyembunyikan rasa berdukanya mendengar kabar duka itu. Segala doa terbaik dipanjatkannya untuk almarhum.

Melalui pohon ulin pula, Doni menerawang kenangan manis, yang membuahkan kesan mendalam. “Pak Jakob ternyata sangat senang dengan penghijauan. Kami berdikusi banyak tentang alam dan pepohonan,” ungkap Doni.

Dikisahkan,  pemberian bibit pohon ulin itu dilakukan sekitar Juni 2013, dalam suasana ulang tahun ke-48 Kompas. Sebagai prajurit yang sejak belia berkutat dengan pohon (dan penghijauan), Doni sadar, tak mudah membibit biji ulin menjadi bertunas.

“Bibit itu saya dapat dari Kolonel Ganip Warsito. Sekarang Letjen, dan menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Waktu saya serahkan, tingginya sekitar 60 – 70 centimeter. Pak Jakob sendiri yang menanamnya di komplek Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Selatan,” papar Doni.

Doni mengenang, saat berbincang santai di ruang kerja Jakob Oetama, lantai 6 gedung Kompas Gramedia, topik ulin menjadi bagian dari pembicaraan keduanya.

Doni ingat, ketika pertemuan, Jakob didampingi dua jurnalis senior Kompas, Rikard Bagun dan J Osdar. “Saya waktu itu Dan Paspampres,” ujar Doni yang menjabat Dan Paspampres tahun 2012 – 2014 itu.

Kepada almarhum, Doni menceritakan betapa susah melakukan pembibitan pohon ulin. Biji buah ulin, panjangnya sekitar 20 centimeter dengan diameter 7–9 centimeter.

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved