Tribunners / Citizen Journalism

Membangun Impian Infrastruktur Riset Manuskrip

BRIN diharapkan mampu membangun lanskap penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, invensi, dan inovasi di bidang manuskrip.

Editor: Dewi Agustina
dok. Dreamsea
Digitalisasi manuskrip lama merupakan salah satu upaya preservasi dengan mengalihmediakan manuskrip ke dalam format digital, lalu dihadirkan secara online dan bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat. 

Oleh: Sugiyarto
Mahasiswa Program Doktor Kajian Islam SPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

MIMPI itu bisa mewujud menjadi kenyataan bila dibarengi dengan keyakinan dan terus digelorakan.

Untuk itu, dalam tulisan ini penulis ingin menggelorakan gagasan besar guru besar filologi UIN Syarif Hidayatulah Jakarta Prof Oman Fathurahman untuk membangun grand desain penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sehingga suatu saat nanti akan menjadi kenyataan.

Dengan terwujudnya grand desain penelitian, BRIN sebagai lembaga yang menaungi para peneliti dari berbagai institusi tidak lagi melakukan penelitian-penelitian particular.

BRIN diharapkan bisa melakukan sesuatu yang lebih besar, bukan hanya knowledge kecil-kecil dan parsial seperti yang telah dilakukan oleh para peneliti selama ini.

Grand desain yang akan menjadi landscape penelitian yang tidak rentan diganti oleh adanya pergantian pejabat dan tidak mudah diubah karena berubahnya selera penelitinya.

Grand desain itu akan menjadi sebuah sistem yang mapan, yang jelas dan terukur capaiannnya.

Untuk itu, BRIN diharapkan mampu membangun lanskap penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, invensi, dan inovasi di bidang manuskrip.

Ini akan menjadi sebuah kata kunci yang diamanatkan Undang-Undangnya.

Jadi tidak hanya penelitian saja, tapi harus bisa melakukan sesuatu yang bisa berdampak luas terhadap ekosistem yang ada.

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved