Haruo Shimada: PM Jepang Shinzo Abe Hanya Pikirkan Dirinya Sendiri Saja

Saya pendukung PM Jepang Shinzo Abe memang tetapi saya bisa katakan dia hanya memikirkan dirinya sendiri saja

Haruo Shimada: PM Jepang Shinzo Abe Hanya Pikirkan Dirinya Sendiri Saja
Richard Susilo
Haruo Shimada PhD, Chairman Dewan Trustees Universitas Tokyo Metropoliran 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang 

 TRIBUNNEWS Tokyo -  PM Jepang Shinzo Abe ternyata dianggap hanya memikirkan dirinya sendiri saja tidak pikirkan masa depan Jepang.

 "Saya pendukung PM Jepang Shinzo Abe memang tetapi saya bisa katakan dia hanya memikirkan dirinya sendiri saja tidak memikirkan masa depan Jepang," papar Haruo Shimada PhD, Chairman Dewan Trustees Universitas Tokyo Metropolitan, dalam jumpa pers sore ini (3/10/2018) di Foreign Press Center Tokyo.

 Menurut Shimada pula, dalam tiga tahun mendatang sampai dengan September 2021 apabila berlangsung lancar, Abe harus bisa segera mengantisipasi hutang negara yang besar sekali saat ini mencapai 240% dari produk nasional produk (GDP) Jepang.

 "Abe harus berani meningkatkan PPN menjadi 20% segera. Dan apabila dilakukan negara dapat penghasilan puluhan triliun yen. Tapi hal itu tidak dilakukan hanya menaikkan 3% saja menjadi 8%, karena menaikkan Pajak memang bukan kebijakan populer untuk seorang politisi pasti dukungan akan berkurang. Tapi kalau lihat masa depan Jepang bila seperti sekarang tak ada perubahan maka tahun 2021 bank sentral Jepang mungkin kehabisan uang untuk membeli obligasi negara sendiri dan itu sangat berbahaya sekali," paparnya.

 Pemilik obligasi Jepang saat ini menurutnya lebih dari 10% oleh orang atau lembaga asing dan sisanya dipegang orang atau perusahaan Jepang.

 Jumlah hutang Jepang yang sangat banyak saat ini adalah yang terbesar di dunia dan hal itu merupakan bahaya yang sangat tinggi bagi masa depan perekonomian Jepang dalam waktu dekat mendatang, tambahnya lagi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help