Pilpres 2019

Jokowi dan Prabowo 'Tarung Bebas' di Debat Kedua

KPU memastikan sudah membuat video dari masing-masing tema, namun hanya satu video yang akan ditampilkan.

Jokowi dan Prabowo 'Tarung Bebas' di Debat Kedua
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Presiden Joko Widodo bersama Calon Presiden Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum KPU memastikan dalam segmen keempat pada debat kedua yang akan diselenggarakan 17 Februari mendatang, akan ada debat eksploratif  atau tarung bebas.

Dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. KPU memastikan sudah membuat video dari masing-masing tema, namun hanya satu video yang akan ditampilkan.

KPU juga memperbanyak interaksi kandidat dalam debat kedua. Setidaknya, ada dua segmen yang diubah formatnya. Pada debat kedua hanya akan dijalani antar capres masing-masing kubu. Dibagi dalam enam segmen. Di segmen pertama, para calon presiden akan memaparkan visi-misi mereka seperti debat perdana kemarin.

Baca: KPU Ingatkan Pemilih : Suaranya Tidak Sah jika Coblos Caleg yang Telah Dicoret

Lanjut segmen kedua dan ketiga, diisi oleh pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis. Masuk ke segmen keempat, berformat debat eksploratif (tarung bebas) dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. KPU RI sudah membuat video dari masing-masing tema, namun hanya satu video yang akan ditampilkan.

KPU mengundi satu video untuk diputar. Alasan mengapa hanya satu video, karena terkait keterbatasan waktu debat.

Kemudian pada segmen kelima, kedua capres akan saling mengajukan pertanyaan terbuka alias bebas yang ditujukan kepada capres lainnya. Segmen keenam atau terakhir, kedua capres memberikan pernyataan penutup yang bersifat membangun.

Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengatakan, setiap segmen dalam debat kedua dirancang sedemikian rupa agar para kandidat lebih interaktif. "Di segmen dua sampai lima semuanya dalam bentuk dialog. Jadi sangat dimungkinkan masing-masing capres bertanya kepada capres lain," ujarnya.

Baca: Bawaslu dan KPU Diminta Tindaklanjuti 23.111 Warga Intan Jaya yang Berpotensi Kehilangan Hak Pilih

Dijelaskan, saat ini persiapan debat kedua pada H-6, telah mencapai 90 persen. Persentase itu mencakup keberadaan tim panelis, moderator, daftar pertanyaan, teknis penyelenggaraan, hingga pengamanan. "Sudah 90 persen kesiapan KPU," imbuhnya.

Debat kedua akan mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup. Debat kedua hanya akan dijalani para capres yakni capres 01 Joko Widodo dan capres 02 Prabowo Subianto.

Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso ketika hadir mewakili paslon nomor urut 02 dalam rapat di Kantor KPU beberapa waktu lalu mengugkap, salah satu pembahasan rapat evaluasi debat pertama adalah, pembahasan persiapan pelaksanaan debat kedua dan pemaparan kesiapan media penyelenggara.

"Kami dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi 02, mengusulkan kalau perlu debat berikutnya itu berjalan lebih natural. Kalau perlu biarkan kedua pasangan calon free fight 'tarung bebas'," kata Priyo.

"Kenapa usulan ini ada? Ini dalam rangka supaya kedua pasangan calon, apalagi debat berikutnya itu adalah head to head antara pak Prabowo dan pak Jokowi. Kita inginkan suasana debat meski dalam kesantuanan dan kenegarawanan, tapi kedua beliau itu bisa mengeksplorasi gagasan besar secara lebih tuntas," jelasnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved