Kabinet Jokowi

Ekonom Faisal Basri: Kalau Chatib Jadi Menkeu, Sri Mulyani Cocoknya Menko Perekonomian

“Chatib cocoknya itu jadi Menteri Keuangan. Sri Mulyani jadi Menko (Perekonomian),” ujar Faisal Basri

Ekonom Faisal Basri: Kalau Chatib Jadi Menkeu, Sri Mulyani Cocoknya Menko Perekonomian
Ria Anatasia/tribunnews.com
Ekonom Faisal Basri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat ekonomi Faisal Basri menyatakan, M Chatib Basri sosok yang ideal mengisi pos menteri keuangan di pemerintahan Jokowi-Maruf Amin untuk 5 tahun ke depan.

“Chatib cocoknya itu jadi Menteri Keuangan. Sri Mulyani jadi Menko (Perekonomian),” ujar Faisal Basri di acara diskusi publik di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Selain menjadi Menkeu, Chatib juga cocok bertanggungjawab membantu presiden di Kementerian Perindustrian digabung Kementerian Perdagangan Luar Negeri.

“Karena pembenahan di sektor riil ini yang penting dilakukan di pemerintah kedua Jokowi,” tambahnya.

Baca: VIRAL Video Syur Diduga Seorang Pramugari, Adegan Liar di Toilet Beredar di WhatsApp

Pada Mei 2013, Chatib Basri pernah dilantik sebagai menteri keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara Jakarta. 

Ekonom Chatib Basri
Ekonom Chatib Basri (Syahrizal Sidik)

Chatib Basri menjadi menkeu setelah dipilih Presiden pasca keduanya bertemu di Kantor Presiden, Senin 20 Mei 2013.

Menanggapi kabar kembali turun gunung menjadi Menkeu, Chatib memilih enggan berkomentar.

Ketika ditanya apakah telah berkomunikasi atau bertemu dengan Presiden Jokowi sebelum pelantikan pada 20 Oktober 2019 mendatang, pria bernama lengkap Muhammad Chatib Basri juga tidak berkomentar. 

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mempresentasikan paparannya pada konferensi pers dan diskusi publik Tokopedia di Djakarta Theatre Ballroom, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019). Diskusi publik ini bertemakan Dampak Tokopedia terhadap Perekononian Indonesia sekaligus memaparkan hasil penelitian bagaimana Tokopedia memiliki pengaruh besar untuk perkonomian Indonesia. TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati 

Menurut sejumlah informasi yang beredar, nama Muhammad Chatib Basri sudah cukup santer disebut-sebut sebagai calon kuat Menteri Keuangan.

Kemudian yang mengisi kursi menteri di bidang perekonomian adalah Erick Thohir untuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Koperasi & UKM Prananda Prabowo.

Posisi Menteri Perindustrian dan Perdagangan tetap akan diisi Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi/Kepala BKPM diisi Sandiaga Uno serta Menteri Digital & Ekonomi Kreatif Tantowi Yahya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved