Buntut Tol Layang Japek Macet, Menteri PUPR akan Perluas Tol Cipali sampai Empat Lajur

Untuk merasakan sensasi berkendara di tol layang Jakarta - Cikampek (Japek) II elevated membuat ruas tol tersebut menjadi macet parah.

HANDOUT
Macet di Tol Layang Jakarta-Cikampek 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tingginya antusiasme masyarakat untuk merasakan sensasi berkendara di tol layang Jakarta - Cikampek (Japek) II elevated membuat ruas tol tersebut menjadi macet parah.

Bahkan, jalur ke arah tol terpanjang di Indonesia itu sempat ditutup karena terjadinya penumpukan kendaraan.

Agar kondisi itu tidak kembali terjadi, pemerintah pun menyiapkan berbagai antisipasi. Salah satunya dengan melakukan pelebaran ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

Sebagaimana dikutip dari KOMPAS properti, menyebutkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana memperluas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dari yang sebelumnya dua lajur menjadi empat lajur pada masing-masing jalur A (arah Cirebon) dan B (arah Jakarta).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, hal itu usai pengumuman pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara, di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).

"Ini akan kita tempuh, karena setelah beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek, kemacetan bergeser ke Karawang Barat sebagai titik pertemuan antara lalu lintas layang dan eksisting," kata Basuki.

Selepas Karawang, terusnya, kendaraan akan beralih menuju Tol Cipali melalui gerbang tol (GT) Cikampek Utama dan Cikopo. Di titik itulah akan dilakukan perluasan lajur jalan di tol sepanjang 116,5 kilometer milik PT Lintas Marga Sedaya (LMS) tersebut.

Pekerjaan konstruksi fisik, kata Basuki, perluasan jalan bebas hambatan berbayar ini akan dilakukan mulai tahun 2020.

Sebelumnya diberitakan, saat puncak arus mudik Natal (2019) dan Tahun Baru (2020) pada 21 Desember 2019, terjadi kemacetan total selama 3 jam di Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Baca: Pemenang Sayembara Desain Kawasan Ibu Kota Negara Diumumkan, Rancangan Desain Akan Kolaborasikan

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved