Breaking News:

Lebaran 2020

Ada Larangan Mudik, KAI Hentikan Perjalanan KA Jarak Jauh Mulai 24 April 2020

Ada 70 KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan, yang terdiri dari 67 reguler serta 3 kereta tambahan yang beroperasi saat hari libur.

Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Calon Penumpang Kereta Api Jarak Jauh, menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI), menghentikan operasional keberangkatan dan kedatangan seluruh Kereta Api (KA) jarak jauh serta lokal mulai 24 April 2020.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kebijakan ini seiring dengan adanya larangan mudik dari pemerintah di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

"KA jarak jauh yang tidak beroperasi berasal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan wilayah lain," ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (23/4/2020).

Baca: Ramadan Ini Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Tidak Selenggarakan Salat Tarawih

Ia menambahkan, total ada 70 KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan, yang terdiri dari 67 reguler serta 3 kereta tambahan yang hanya beroperasi saat hari libur.

Baca: Bela Pernyataan Jokowi, KIP: Mudik Berkaitan dengan Lebaran, Pulang Kampung ya Selamanya

Lanjut Eva, Sementara itu perjalanan KA lokal yang dibatalkan yaitu 31 perjalan, diantaranya 6 KA Pangrango (Bogor - Sukabumi), 12 KA Merak (Rangkasbitung - Merak), 6 kereta api Walahar (Tanjung Priuk – Purwakarta PP), 4 kereta api Jatiluhur (Tanjung Priuk – Cikampek PP), dan 3 kereta api Siliwangi (Sukabumi – Ciranjang)," ujar Eva. 

Baca: Cerita di Balik Mundurnya Belva Devara dari Posisi Stafsus Presiden

"Para calon penumpang yang sudah memiliki tiket dan terdampak situasi ini, akan menerima pengembalian tiket secara penuh oleh perusahaan," ucap Eva.

Eva juga menyebutkan, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya melalui aplikasi KAI Acces atau langsung mendatangi loket di staiun.

"Proses embatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian," kata Eva.

"Untuk pembatalan tiket di loket staasiun, dapat dilakukan maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer," lanjut Eva.

Menurut Eva, pembatalan ini untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, dengan mengikuti evaluasi dan perkembangan yang berlangsung.

"PT KAI Daop 1 Jakarta memohon maaf kepada penumpang yang perjalanannya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020," kata Eva.

Sebagai informasi, berikut stasiun yang melayani pembatalan tiket setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Diantaranya:

1. Stasiun Gambir
2. Stasiun Pasar Senen
3. Stasiun Jakarta Kota
4. Stasiun Bogor Paledang
5. Stasiun Cikampek
6. Stasiun Rangkasbitung
7. Stasiun Serang
8. Stasiun Bekasi

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved