Breaking News:

Bos Smesco: 301.115 UMKM Mulai Manfaatkan Platform Digital

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki telah memperkirakan, sebanyak 47 persen UMKM akan gulung tikar akibat pelemahan ekonomi.

TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan Pusat Konsultasi Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (2/7/2020). 

Laporan Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Besarnya kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian Indonesia memang tidak dapat dipungkiri.

Setidaknya 60,3 persen dari total PDB Indonesia merupakan kontribusi oleh UMKM, dan tak hanya itu, UMKM juga diperkirakan memperkerjakan 97 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

UMKM menjadi tumpuan harapan bagi mereka yang terdampak secara finansial sepanjang pandemi ini, meski sesungguhnya mereka pun turut terdampak.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki telah memperkirakan, sebanyak 47 persen UMKM akan gulung tikar akibat pelemahan ekonomi.

Walaupun demikian, semangat pantang menyerah masyarakat Indonesia memang tak dapat dibendung.

Dalam upaya mencari kesempatan yang lebih luas lagi, Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO, mengatakan, ada tambahan sekitar 301.115 UMKM yang telah beralih ke media digital dalam kurun waktu 3 minggu.

“Namun masih banyak UMKM yang masih belum memiliki dasar pengetahuan untuk digitalisasi," kata Leonard Theosabrata.

Baca: Pertamina Kucurkan Dana Rp 1,2 Miliar untuk Bantu UMKM

Untuk itu, selain program perluasan jaringan yang sangat penting, SMESCO ingin menekankan untuk program edukasi mengenai ranah digital yang sama pentingnya untuk pemulihan ekonomi.

Baca: Menkop: Subsidi Bunga UMKM dan Penjaminan Modal Kerja Sangat Dinantikan

"SMESCO berdedikasi bagi para UMKM untuk bergerak maju melalui rangkaian program pendampingan dan keseimbangan digital untuk UMKM,” katanya.

Baca: Ajak UMKM Lokal Berkembang dengan Pendekatan Konsep Syariah

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved