Breaking News:

Korban PHK Dampak Pandemi Didorong Jadi Pebisnis Kuliner

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada sektor perekonomian. Gejolak pemutusan hubungan kerja atau PHK terjadi di beberapa sektor usaha.

IST
Masbukhin Pradhana, Sekjen dari Asosiasi Penguasaha Kuliner Indonesia (Apkulindo). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiholan Eko Purwanto

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 berdampak besar pada sektor perekonomian. Gejolak pemutusan hubungan kerja atau PHK terjadi di beberapa sektor usaha.

Meski aktivitas sebagian dunia usaha telah kembali bergulir, tapi belum kembali normal.

Adanya fenomena tersebut membuat Masbukhin Pradhana, owner Kubiz TV yang juga sekjen dari Asosiasi Penguasaha Kuliner Indonesia (APKULINDO) mendorong korban PHK agar bisa bangkit kembali dari keterpurukan dengan menjadi pebisnis kuliner.

"Selama Pandemi ini, banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun mereka tetap membutuhkan penghasilan. Pilihan utamanya mereka berbisnis kuliner. Nah disinilah fungsi KUBIZ TV untuk mempertemukan patner bisnis kuliner dan media pembelajaran," tambah Masbukhin yang juga pemilik Bakso Malang Sapi’i.

Baca: Rietzstar, Aplikasi untuk Mengkurasi Pebisnis Kuliner Rumahan

Pandemi ini juga sangat berdampak bagi para pelaku usaha kuliner, baik skala UKM maupun besar. Dampak yang ditimbulkan mulai dari penurunan omzet, merumahkan karyawannya bahkan gulung tikar.

Baca: 5 Kuliner Serba Merah Putih yang Semarakkan HUT ke-75 RI

“Sebagai Pemilik Rumah Makan, saya bisa merasakan secara langsung penurunan omzet secara drastis di mulai bulan Maret,” ujar Masbukhin.

Masbukhin menambahkan, saat PSBB, omzet rumah makan di sekitar Jakarta turun 60-100 %. “Yang turun 100% itu warungnya sudah tutup, karena lokasi tempatnya tidak boleh beroperasi seperti di Mall, di area perkantoran yang sudah menerapkan WFH atau sudah merugi”.

Sisi positif dari Pandemi ini Pebisnis Kuliner menjadi lebih kreatif dengan membuat produk frozen food. Di sisi lain banyak calon konsumen yang membutuhkan makanan tahan lama.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved