Bikin Annual Report saat Pandemi, Solusinya Gaet Agensi Jasa Laporan Tahunan

Sooca Design merupakan agensi profesional yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan desain grafis dan komunikasi visual.

Editor: Sanusi
Freepik.com/via Tribun Medan
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Anita K Wardhani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak terasa 2020 sudah mendekati penghujung. Bagi pengelola perusahaan, akhir tahun bisa dikatakan momen tersibuk karena dikejar laporan tahunan.

Bukan perkara mudah untuk membuat laporan tahunan karena berbagai informasi perusahaan wajib termuat untuk dipublikasikan.

Mulai identitas perusahaan, ikhtisar keuangan, analisa laporan keuangan, sambutan komisaris dan direksi, laporan manajemen, tata Kelola perusahaan, pengelolaan risiko dan laporan hasil assessment penerapan praktik atau Good Corporate Governance (GCG).

Baca: Kemen PPPA Raih Penghargaan Opini WTP Atas Laporan Keuangan 2019

Apalagi di saat pandemi sekarang. Dampak Covid-19 terhadap sektor ekonomi menjadikan laporan keuangan menjadi lebih signifikan.

Dengan data-data yang signifikan mengalami penurunan membuat perusahaan memiliki tantangan dalam menyusun laporan tahunan.

Sementara, hasil laporan tahunan yang diterbitkan setiap tahun akan dikirimkan kepada para pemegang saham perusahaan serta berbagai pihak berkepentingan lainnya.

Baca: Jokowi Dukung Pemeriksaan Laporan Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemi Dilakukan Segera Mungkin

Hal ini membuat peran agensi jasa laporan tahunan cukup besar dan berpengaruh dalam menyusun laporan tahunan.

Sooca Design merupakan agensi profesional yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan desain grafis dan komunikasi visual.

Salah satu layanan yang menjadi perhatian di tengah pandemi yaitu jasa membuat laporan tahunan.

Marketing Director Sooca Design Noviaji Wibisono menyebutkan agensi jasa laporan tahunan semakin dibutuhkan.

Tidak hanya karena tantangan menghadapi pandemi, tetapi juga karena merujuk pada kewajiban yang telah ditetapkan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/207 Tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

“Tercatat cukup banyak perusahaan yang belum pernah membuat laporan keberlanjutan atau sustainability report (SR) dan mencari partner yang berpengalaman. Maka Sooca Design menjadi solusi sebagai tim profesional yang akan memberikan saran untuk penyajian sustainability report ,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Menggunakan sistem kerja yang efektif, membuat Sooca mampu berkoordinasi dan menyusun laporan tidak terbatas oleh jarak dan waktu.

Sooca Design juga dapat merespons dengan cepat dalam mendampingi pembuatan laporan keberlanjutan serta mempersiapkan visual yang menarik agar kredibilitas perusahaan terjaga.

Selain menyiapkan laporan tahunan yang terbaik, Sooca Design juga mampu mendampingi perusahaan untuk dapat mengikuti penghargaan bergengsi ARA (Annual Report Award).

Penghargaan ini diselenggarakan setiap tahun oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK) bersama dengan Bank Indonesia (BI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Komite Kebijakan Governance (KNKG), Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktorat Jendral Pajak (Ditjen Pajak), dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved