Breaking News:

Kereta Api Prameks, 27 Tahun Melayani, Tinggalkan Berjuta Kenangan

Kini kereta legendaris itu harus beristirahat dan resmi berhenti beroperasi seusai perjalanan terakhirnya dilepas di Stasiun Balapan Solo

TRIBUNNEWS.COM/SRI JULIATI
KA Prameks berhenti di Stasiun Solo Balapan, beberapa waktu lalu. 17 Agustus 2019, Naik Kereta Api Lokal Gratis! Ini Daftar 28 KA dan Rutenya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Mobilitas tinggi masyarakat yang menggunakan transportasi kereta api, tak dipungkiri akan menuntut kecanggihan teknologi di dalamnya.

Seperti akhir perjalanan Kereta Api Prambanan Ekspres atau KA Prameks yang melayani perjalanan dari Solo - Yogyakarta. Kini kereta legendaris itu harus beristirahat dan resmi berhenti beroperasi seusai perjalanan terakhirnya dilepas di Stasiun Balapan Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/2/2021).

Perjalanan terakhir itu rupanya meninggalkan berbagai kenangan baik para awak kereta mulai dari masinis, polsuska, kepala stasiun, pramugara, pramugari, dan petugas stasiun.

Baca juga: Viral Video Upacara Perpisahan KA Prameks setelah 27 Tahun Beroperasi, Ini Cerita di Baliknya

Momen upacara pelepasan dilakukan pada perjalanan terakhirnya dari stasiun Solo Balapan menuju stasiun Tugu Yogyakarta. Pelepasan yang begitu haru juga diabadikan oleh penumpang setia KA Prameks dan membagikan momen itu di media sosial.

Baca juga: KA Prameks Jogja-Solo Bakal Diganti KRL, Rencana Operasi Mulai Awal Oktober 2020

Sebelumnya, Manager Humas PT KCI, Adli Hakim menceritakan upacara terakhir pelepasan dilakukan bersamaan dengan jadwal rute terakhir KA Prameks.

"Itu rute terakhir Prameks Solo-Yogyakarta setelah 27 tahun menemani masyarakat. Acara pelepasan berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB di stasiun Solo Balapan yang dihadiri para karyawan dan kru yang bertugas hingga para komunitas pengguna Prameks," jelas Adli, Rabu (10/2/2021).

Meski berlangsung singkat, acara dimulai dengan doa bersama disertai pembagian merchandise sebelum melepas KA Prameks ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Petugas di Stasiun terlihat menundukkan kepala sambil memegang dada sebagai tanda perpisahan KA Prameks yang melakukan perjalanan terakhirnya.

"Banyak dari kru dan karyawan terlihat menangis ketika kereta mulai meninggalkan stasiun. Begitu pula, dengan para komunitas pecinta KA Prameks yang juga larut sedih. Bahkan, banyak yang mengirim bunga sebagai ucapan terima kasih," tambah Adli.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved