Breaking News:

Kemenhub Siapkan Program untuk Mendukung Budaya Keamanan Penerbangan Nasional

Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyusun beberapa program untuk mendukung budaya keamanan dalam operasional penerbangan.

Richard Susilo/ Tribunnews.com
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyusun beberapa program untuk mendukung budaya keamanan dalam operasional penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyebutkan, beberapa program tersebut seperti melakukan sosialisasi kepada operator dan pengguna jasa penerbangan untuk lebih memperhatikan keamanan saat melakukan penerbangan.

"Selain itu, kami juga akan menyelenggarakan kampanye budaya keamanan dalam operasional penerbangan, memperkuat fungsi pengawasan terhadap operasional penerbangan dan meningkatkan penegakan hukum serta pengenaan sanksi terhadap perilaku yang mengancam keamanan penerbangan," kata Novie dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Batas Waktu 31 Maret 2021, Ini Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

Selain itu lanjut Novie, pihaknya juga akan memperkuat koordinasi dengan para operator penerbangan dan negara mitra baik regional dan bilateral untuk mendorong budaya keamanan dalam operasional penerbangan.

"Mengubah perilaku budaya penerbangan yang mementingkan keamanan tentunya membutuhkan konsistensi yang tidak singkat, maka dari daritu itu kesadaran dan komitmen sangat penting untuk menerapkan hal tersebut," kata Novie.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 104 105 106 107 108 109 Buku Tematik Daerah Tempat Tinggalku

Ia menjelaskan, pihaknya ingin mendorong seluruh pihak baik pemangku kepentingan, operator dan pengguna jasa penerbangan untuk dapat proaktif mengambil peran dalam menerapkan budaya keamanan penerbangan di 2021.

"Kami tentunya berharap ada kerjasama dari berbagai pihak, agar budaya keamanan penerbangan dapat menjadi inti dari operasional penerbangan sepanjang 2021," ujar Novie.

Menurutnya, tren ancamanan penerbangan setiap tahun meningkat dan meliputi banyak faktor. Terlebih lagi, saat ini sektor transportasi udara perlu memulai kembali operasional penerbangan yang aman setelah pandemi Covid-19 dan ini menjadi hal yang krusial.

"Penerbangan yang aman sangatlah penting, tentunya bukan hanya untuk para operator tetapi juga menyangkut seluruh elemen masyarakat agar sektor transportasi udara dapat menjadi lebih baik," ujar Novie.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved