Breaking News:

Barikade 98 Dukung Upaya Erick Thohir Percepat Pembentukan Holding BUMN Pangan

Holding pangan merupakan urgensi bagi ketahanan pangan dalam negeri terutama menghadapi tingginya harga komoditas pangan.

Istimewa
Sekretaris Jenderal Barikade 98 Arif Rahman 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Barikade 98 Arif Rahman mendukung upaya Menteri BUMN Erick Thohir mempercepat pembentukan holding BUMN Pangan.

Hal tersebut seiring dengan terbitnya surat keputusan Menteri BUMN No SK-144/MBU/05/2021 tertanggal 5 Mei 2021 tentang panitia antar kementerian penyusunan rancangan PP tentang Penggabungan perusahaan PT Bhanda Ghara Reksa ke dalam PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, Penggabungan PT Pertani ke dalam PT Sang Hyang Seri dan Penggabungan PT Perikanan Nusantara ke dalam Perusahaan Perikanan Indonesia.

SK tersebut diketahui ditandatangani langsung Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Arif Rachman, holding pangan penting bagi ketahanan pangan dalam negeri terutama menghadapi tingginya harga komoditas pangan dan kelangkaan suplay di masa tertentu.

Holding pangan yang dibentuk Erick harus bisa menjadi perusahaan yang mejaga suplai pangan dari hulu ke hilir, termasuk logistik, transportasi, dan pergudangannya.

Arif menilai, langkah Erick ini harus didukung seluruh stake holder.

Dia menilai, selama ini urusan pangan selalu dilakukan parsial.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Kasus Antigen Bekas Terjadi Akibat Adanya Kelemahan Sistem

Sehingga, tidak pernah ada solusi yang komprehensif dalam mengatasi kelangkaan bahan komoditas pangan dan tingginya harga komoditas tertentu.

Arif menilai solusi impor hanya bisa menjadi obat pereda nyeri sesaat yang pada akhirnya justru menjadi sumber persoalan tersendiri.

Halaman
123
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved