Breaking News:

Kembangkan UMKM Surakarta, Shopee & Gibran Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

IST
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (kanan) bersama Wali kota Surakarta Gibran Rakabumi (kiri) saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Kota Surakarta, Senin (18/5/2021) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM – Shopee Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Kota Surakarta, Senin (18/5/2021) lalu.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, peresmian kampus tersebut merupakan bentuk komitmen Shopee Indonesia dalam mewujudkan lebih banyak lagi eksportir asal Surakarta.

“Kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta ini juga sejalan dengan langkah strategis lainnya yang dilakukan Shopee untuk meningkatkan kualitas para pelaku UMKM tanah air,” ujarnya.

Handhika menambahkan, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Untuk mengembangkan potensi tersebut, pihaknya menargetkan 10.000 eksportir baru berasal dari Surakarta pada akhir 2021 ini.

“Diresmikannya Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan awalan kami dalam menjadikan Kota Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan ekspor UMKM pertama."

"Dengan mengedepankan lima fokus utama kami untuk mempersiapkan UMKM go global, yakni edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta ekspor, kami harap pengembangan kapasitas dan kualitas produksi pelaku UMKM Surakarta bisa menjadi lebih terarah,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumi merespon positif komitmen Shopee untuk meningkatkan jumlah eksportir asal Surakarta.

“Kami menyambut baik pembukaan Kampus UMKM Surakarta Ekspor yang diinisiasi Shopee sebagai langkah lanjutan untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku bisnis asal Surakarta untuk bisa unjuk gigi ke pasar global kedepannya,” kata Gibran.

Baca juga: Pembatasan 13 Produk Cross Border di Shopee Bertujuan Membantu Pemulihan Ekonomi

Ia menjelaskan, dengan adanya kampus tersebut diharapkan mampu memberikan pendampingan untuk dapat meningkatkan kualitas dari pelaku UMKM di Surakarta.

Halaman
1234
Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved