Breaking News:

Virus Corona

Seluruh Bandara AP II Mulai Berlakukan Pembatasan Penumpang Asing Masuk ke Indonesia

Muhammad Awaluddin telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk pemberlakuan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021

Tribunnews/Fitri Wulandari
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) memberlakukan Peraturan Menteri Hukum dan Ham No 27 Tahun 2021, terkait pembatasan orang asing masuk ke Indonesia di 20 bandara yang dikelolanya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, Permenkumham No 27/2021 ini akan diterapkan di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

"Peraturan ini sudah disampaikan ke seluruh bandara perseroan yang berstatus internasional termasuk Bandara Soekarno-Hatta," ucap Awaluddin dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: MenkopUKM: Pemikiran Bung Hatta Merupakan Wawasan Berharga Pengembangan Koperasi

Awaluddin juga mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk pemberlakuan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021.

"Kami bersama dengan stakeholder di bandara-bandara Angkasa Pura II tentunya berupaya untuk menerapkan peraturan ini dengan baik," ujar Awaluddin.

Menurut Awaluddin, penumpang rute internasional yang baru mendarat di bandara Angkasa Pura II baik itu orang asing yang termasuk ke dalam 5 klasifikasi dan juga WNI harus memenuhi protokol kesehatan yaitu menunjukkan surat hasil tes RT-PCR yang dipersyaratkan dan melakukan karantina sesuai prosedur.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Turun 70 Persen Selama PPKM Darurat

Sebagai informasi, Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 antara lain mengatur pembatasan terhadap orang asing yang masuk ke Indonesia atau transit di Indonesia.

Tetapi aturan ini dikecualikan terhadap pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, bertujuan untuk kesehatan dan kemanusiaan dengan mendapat rekomendasi dari kementerian atau lembaga serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Orang asing atau warga negara asing yang tidak termasuk di dalam lima klasifikasi tersebut di atas tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia, dan akan dilakukan pemeriksaan di bandara tepatnya di area kedatangan internasional oleh Kantor Imigrasi.

Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, Kemenkumham menyatakan bahwa tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia. 

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved