Breaking News:

Kemenhub Akan Bangun Banyak Jembatan Timbang untuk Berantas Truk ODOL

Budi Setiyadi mengatakan akan gencar membangun jembatan timbang untuk memberantas kendaraan angkutan barang yang membawa muatan melebihi ketentuan

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Capture Youtube
Ilustrasi - Truk ODOL pengangkut minyak sawit mentah (CPO) terperosok saat melintasi medan berlumpur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan terus berupaya memberantas kendaraan angkutan barang yang membawa muatan melebihi ketentuan berat dan dimensi atau Over Dimension Over Loading atau ODOL.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program Zero ODOL mulai 2023 mendatang.

Salah satu strateginya, menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi adalah dengan gencar membangun jembatan timbang.

Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) ini, lanjut Budi, diharapkan dapat mengurangi tingkat kerusakan jalan akibat truk ODOL dan meningkatkan berbagai aspek maupun pengendalian keselamatan lalu lintas dengan berbagai upaya.

Baca juga: Asosiasi Pengusaha Sawit dan Semen Minta Zero ODOL Diundur Lagi Hingga 2025

"Dalam UPPKB ini kendaraan yang terbukti masuk kategori ODOL, akan dilakukan penilangan kendaraan, transfer muatan dan penandaan pilok kendaraan yang over dimensi agar dilakukan pemotongan," kata Budi, Jumat (8/10/2021).

Budi juga menjelaskan, bahwa pemerintah akan tegas memberikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar guna meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Baca juga: Produsen Beton Ringan Minta Pemerintah Perhatikan Prakondisi Sebelum Penerapan Zero ODOL 2023

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan Suharto mengklaim bahwa jumlah angkutan barang yang masuk jembatan timbang masih sangat sedikit.

Ia merinci, bahwa dari total keseluruhan angkutan barang ini hanya 10 persen yang masuk ke jembatan timbang di sejumlah ruas jalan.

Baca juga: Apindo Minta Pemberlakukan Zero ODOL Diundur hingga Situasi Kondusif

"Selain itu, kami mendapati bahwa jumlah kendaraan angkutan barang yang tidak masuk ke jembatan timbang berkategori over dimension over loading atau ODOL," kata Suharto.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved