Memiliki Infrastruktur yang Kuat dan Kemampuan Implementasi Ekosistem Kunci Sukses Bank Digital

Bank digital saat ini dituntut memiliki infrastruktur digital sangat baik dan harus mampu mengimplementasikan ekosistem digital.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
istimewa
Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian saat memaparkan mengenai peran Amar Bank dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bank digital saat ini dituntut memiliki infrastruktur digital sangat baik dan harus mampu mengimplementasikan ekosistem digital.

Jika kedua hal ini terpenuhi akan mampu menghasilkan kinerja dan daya saing yang kuat dari perusahaan dan karyawannya, serta memungkinkan bank digital memberikan layanan yang sangat baik.

Hal ini dikatakan Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Era Digital, Inklusi Keuangan Masyarakat Terus Ditingkatkan

Infrastruktur digital dan kemampuan mengimplementasikan ekosistem digital yang baik ini membuat bank digital yang dipimpin Vishal menerima penghargaan TOP Digital Implementation 2021 #Level Star 4 belum lama ini.

Vishal mengatakan, memiliki infrastruktur digital yang baik dan kemampuan mengimplementasikan ekosistem digital telah menjadi komitmen Amar Bank.

"Teknologi digital adalah inti dari Amar Bank sehingga kami berkomitmen untuk memanfaatkannya dengan menyediakan layanan keuangan bagi mereka yang kurang terlayani dan belum memiliki rekening bank,” kata Vishal Tulsian.

Baca juga: Tenaga Digital Marketing Banyak Dibutuhkan, Ini Tipsnya Untuk Pengembangan Bisnis 

Penggunaan teknologi digital tidak terbatas pada produk dan layanan, tetapi juga dioptimalkan untuk operasional perusahaan guna membantu merampingkan alur kerja dan membuatnya lebih efektif dan efisien bagi karyawan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang membawa perubahan dalam dunia perbankan digital yang dilakukan meliputi big data architecture & data analytic sejak 2014.

"Kami memanfaatkan teknologi Big Data dan Data Analytics sejak tahun 2014, terbukti dengan keberhasilan produk Tunaiku yang memanfaatkan teknologi Predictive Data Modeling," katanya.

Kemudian bank digital ini mengutamakan sistem cloud yang dibuktikan lebih dari 90% aplikasi, layanan, dan infrastruktur perusahaan yang sudah berbasis sistem cloud, sedangkan 10 persen sisanya merupakan investasi pada perangkat core banking dan aplikasi pendukung lainnya yang diwajibkan oleh regulator.

"Saat ini, kami terus mengembangkan AI dan machine learning untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi bagi nasabah," katanya.

Baca juga: Jadi Kebutuhan Di Era Digital, Tarif Layanan Internet di Indonesia Masih Terjangkau

Chief Technology Officer (CTO) of Amar Bank mengatakan, sesuai dengan lima pilar fundamental dalam cetak biru transformasi perbankan digital OJK, Amar Bank percaya bahwa pilar-pilar tersebut akan berdampak pada bank digital ke depannya.

"Kami akan memperluas penggunaan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan proses back-office dan teknologi dan infrastruktur digital kami memiliki sistem keamanan terstandar sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku," katanya.

Selain penghargaan TOP Digital Implementation 2021 #Level Star 4, dua penghargaan lainnya diberikan kepada Vishal Tulsian dan Chief Technology Officer (CTO), Kevin Kane masing-masing mendapatkan penghargaan TOP Leader on Digital Implementation 2021 dan TOP CIO on Digital Implementation 2021.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved