DPR RI

DPR Siap Jajaki Kerja Sama Baru dengan Parlemen Serbia

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan pertemuan dengan Grup Persahabatan dan Ketua Parlemen Serbia di Gedung Parlemen Serbia.

Editor: Content Writer
dok. DPR RI
BKSAP DPR RI berfoto bersama usai melakukan pertemuan dengan Grup Persahabatan dan Ketua Parlemen Serbia di Gedung Parlemen Serbia. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan pertemuan dengan Grup Persahabatan dan Ketua Parlemen Serbia di Gedung Parlemen Serbia. Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menegaskan Serbia adalah penghubung masa depan dalam kerja sama di berbagai bidang, antara Uni Eropa dan Indonesia. 

"Kedua pihak sepakat bahwa kedua negara memiliki potensi besar di bidang perdagangan, pariwisata, pendidikan dan budaya yang harus dimaksimalkan," terang Mardani yang bertindak sebagai Ketua Delegasi BKSAP DPR RI, Rabu (8/12/2021). 

Lebih lanjut ia mengatakan, kedua negara turut menilai urgensi investasi asing langsung di mana Serbia berada di garis depan di bagian Eropa. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menekankan bahwa ada ruang untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara di segala bidang, terutama ekonomi dengan populasi Indonesia sekitar 276 juta dimana 50 persen merupakan generasi milenial. 

"Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak berpendapat dialog antaragama antara Serbia dan Indonesia, yang sejauh ini telah mencapai empat pertemuan, sangat berguna dan berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik antara dua negara multi-etnis dan multi-agama seperti Serbia dan Indonesia," urai Mardani. 

Sekadar informasi, pertemuan antara Delegasi BKSAP dengan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Serbia-Indonesia dipimpin Anggota Dewan Serbia Ljiljana Malusic, yang membahas rencana untuk memperdalam kerja sama antar parlemen. Perwakilan parlemen Serbia itu menyampaikan dukungan kerja sama antar kedua negara yang terlaksana baik dan diharapkan terjadi peningkatan lebih lanjut. 

Usai pertemuan itu, delegasi BKSAP DPR RI juga bertemu dengan Ivica Dacic, Ketua Majelis Nasional Republik Serbia. Majelis Nasional Serbia berkomitmen untuk memperdalam kerja sama di tingkat antarparlemen, antara komite parlemen, kelompok persahabatan parlemen dan delegasi resmi lainnya, serta memperkuat kerja sama ekonomi, budaya, wisata, pertahanan dan riset. 

Dacic menyatakan kesiapan untuk melanjutkan penguatan hubungan bilateral secara keseluruhan antara kedua negara dengan mengintensifkan kerja sama antarparlemen. Menurutnya, kegiatan kelompok persahabatan di parlemen Serbia dan Indonesia berkontribusi pada kerjasama yang erat antara kedua parlemen dan untuk bertukar kunjungan di tingkat ketua parlemen. 

Selain Mardani Ali Sera dan Ljiljana Malusic, pertemuan diikuti juga dari Parlemen Serbia oleh Jadranka Jovanovic, Milanka Jevtic Vukojicic, Natasa Jovanovic, Vuk Mircetic dan Viktor Jevtovic. Sementara dari Indonesia Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Achmad Hafisz Tohir, serta Anggota BKSAP DPR RI Hasbi Anshory dan Muslim.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved