Ibadah Haji 2022

Kemenag Ingatkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji yang Langgar Aturan, Tak Ragu Terbitkan Sanksi

Arsad Hidayat mengingatkan tidak akan ragu memberi sanksi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) yang melakukan pelanggaran dalam ibadah

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Pertemuan dengar pendapat antara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2022 dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh di Kantor Urusan Haji Madinah, Rabu (9/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aji Bramastra

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022, Arsad Hidayat mengingatkan tidak akan ragu memberi sanksi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) yang melakukan pelanggaran dalam ibadah haji tahun 2022.

Arsad mengatakan, pihaknya akan menimbang terlebih dulu jenis pelanggaran yang dilakukan KBIH, sebelum memutuskan sanksi.

"KBIHU itu punya hak dan kewajiban yang diatur. Kalau mereka melakukan pelanggaran atas tindakan atau aksinya dan menyebabkan permasalahan, saya kira kita pasti mengeluarkan teguran," kata Arsad, ditemui Tribunnews.com di Kantor Urusan Haji Madinah, Selasa (9/8/2022).

Tahun ini, Arsad mengakui masih ada sejumlah insiden dalam penyelenggaraan ibadah haji yang dipicu pelanggaran oleh KBIH.

Meski, jumlahnya tidak banyak.

"Ada, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak, di bawah 10," kata Arsad.

Ia memisalkan ada satu kesalahan oleh KBIH yang cukup fatal saat di Mekkah.

Ada KBIHU membawa jemaah yang menginap di Makkah menuju Jeddah.

Rupanya saat itu, salah satu jemaah dalam kondisi kurang fit akhirnya terjatuh dan meninggal di lokasi pusat perbelanjaan di Jeddah.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved