Breaking News:

Belajar Mudah Bahasa Jepang dengan Hiragana Times

Banyak yang bertanya bagaimana bisa belajar bahasa Jepang, terutama pelajar Indonesia yang berada di daerah-daerah kecil.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Majalah pelajaran bahasa Jepang Hiragana Times edisi Juni 2015. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Banyak yang bertanya bagaimana bisa belajar bahasa Jepang, terutama pelajar Indonesia yang berada di daerah-daerah kecil, apalagi yang di luar Pulau Jawa.

Satu solusi adalah dengan berlangganan majalah pelajaran bahasa Jepang, Hiragana Times, yang dipadukan dengan berita terkini mengenai Jepang, budaya dan pelajaran bahasa Jepang yang mudah dimengerti siapa pun karena menggunakan furigana.

"Banyak yang bertanya kepada kami, bagaimana bisa belajar mudah bahasa Jepang? Salah satunya kami sarankan berlangganan majalah Hiragana Times (HT) yang harganya di Indonesia tidak beda dengan harga di Tokyo," kata Made Kusuma Asih, Direktur Pandan College khusus kepada Tribunnews.com, Jumat (29/5/2015).

Menurutnya, menggunakan HT setiap bulan datang ke rumah pelanggan, lalu dapat belajar sendiri tanpa bantuan siapa pun dengan mudah karena bahasa Jepang nya sangat sederhana dan menggunakan furigana, penggunaan karakter hiragana pada bagian atas huruf kanji bahasa Jepang.

"Tentu saja seseorang harus belajar sendiri dulu karakter hiragana dan kalau bisa juga katakana. Sangat mudah karena hanya ada sekitar 26 karakter yang dihafalkan sebagai karakter bahasa Jepang dasar untuk hiragana dan juga jumlah yang sama untuk katakana. Yang paling sulit karakter kanji memang. Bahkan orang Jepang sendiri pun masih banyak yang kewalahan mengerti kanji," tambahnya.

Melihat HT tersebut terlihat informasi terbaru Jepang terutama mengenai budaya, dan kesenian serta dunia anak muda serta tren di Jepang saat ini. Misalnya mengenai manga atau komik Jepang dan animasi atau film kartun Jepang.

Khusus edisi Juni 2015 ini bahkan ada cerita mengenai belajar bahasa Jepang dari seorang warga Indonesia yang ada di Jepang, Ari Tamat, lulusan jurusan Arsitektur Universitas Nasional Yokohama yang akhirnya bekerja di perusahaan real estate di Tokyo Jepang.

"Saya belajar bahasa Jepang karena belajar dari guru yang pintar mengajarkan bahasa Jepang, penuh humor sehingga mudah mengerti bahasa Jepang yang diajarkannya," ungkap Ari.

Isi majalah HT juga dengan 10 halaman pelajaran bahasa Jepang yang ditata secara rutin setiap bulannya sehingga siapa pun yang membaca dapat meningkatkan kemampuan kosa kata dan dapat mempelajari bahasa Jepang dengan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Informasi kehidupan di Jepang juga tercantum sehingga memudahkan pembaca mengetahui berbagai hal keperluan hidup di Jepang misalnya rumah sakit, hotel, pasar dan sebagainya.

Bagi warga di Indonesia dapat menghubungi 0361-255-225 atau membaca situsnya di www.hiragana.in atau email info@hiragana.in bagi yang mau tahu lebih lanjut mengenai majalah tertua pelajaran bahasa Jepang ini yang sangat sederhana dan mudah dimengerti semua orang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved