Kedelai Dengan Iklim di Indonesia Dinilai Bagus untuk Membuat Miso Jepang

Indonesia disebutkan sebagai tempat yang bagus untuk membuat Miso Jepang dengan iklim yang baik dan kedelainya (tempe) yang juga sangat enak.

Kedelai Dengan Iklim di Indonesia Dinilai Bagus untuk Membuat Miso Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Masahiro Tsujita, profesional pembuat Miso Jepang dengan bahan baku yang dipegangnya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Indonesia disebutkan sebagai tempat yang bagus untuk membuat Miso Jepang dengan iklim yang baik dan kedelainya (tempe) yang juga sangat enak.

"Saya suka Indonesia dan bagus sebagai tempat pembuatan miso Jepang karena iklimnya bagus, angin sejuk dan ada kedelainya yang disebut tempe sangat enak itu," kata Masahiro Tsujita, sang pembuat miso Jepang kepada Tribunnews.com, Senin (8/7/2019) lalu.

Masahiro Tsujita sudah berpengalaman sekitar 30 tahun pemilik Koujiya Saburouemon.

Sekitar tahun 1982-1984, Masahiro berada di Los Angeles berharap ada bisnis yang bisa dilakukannya di Amerika Serikat, namun dia mendadak dipanggil pulang keluarganya.

"Terus saya disuruh pulang oleh orang tua katanya ibu sakit. Ternyata setelah pulang hanya pemeriksaan rumah sakit saja tidak dirawat di rumah sakit," kata Masahiro Tsujita yang seolah merasa tertipu oleh orang tuanya.

Masahiro Tsujita, profesional pembuat Miso Jepang dengan bahan baku yang dipegangnya.
Masahiro Tsujita, profesional pembuat Miso Jepang dengan bahan baku yang dipegangnya. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Namun sejak itulah kehidupan suksesnya dimulai dengan menceburkan diri sepenuhnya membuat miso Jepang yang ternyata kini menjadi sangat populer di Jepang khususnya di daerah Nerimaku Jepang.

Miso adalah bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam.

Bahan yang digunakan untuk fermentasi adalah Aspergillus oryzae (kōji-kin).

Miso digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis makanan Jepang.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved