Breaking News:

PPI Jepang Selenggarakan Assign 2020, Angkat Isu Kesehatan dan Ketahanan Mental

Tri mengimbau seluruh anggota PPI di Jepang yang hadir dalam acara tersebut agar saling berbagi pengalaman dengan narasumber.

Richard Susilo
Berbagai pelajar asing sedang berfoto di Asakusa obyek wisata di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dan Ibunda.id menyelenggarakan The 3rd Annual Scientific Symposium of Indonesian Collegian in Japan atau ASSIGN 2020 pada tanggal 25-26 Juli 2020 di Tokyo.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan PPI Jepang hari ini karena amat relevan dengan kondisi kita saat ini di tengah pandemi, memperkuat barisan agar masyarakat Indonesia kita di Jepang tetap sehat dan kuat secara fisik maupun mental," kata Tri Purnajaya, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI di Tokyo.

Tri mengimbau seluruh anggota PPI di Jepang yang hadir dalam acara tersebut agar saling berbagi pengalaman dengan narasumber yang merupakan expert di bidangnya.

"Never let a good crisis go to waste. Ambillah peluang dan gunakan kesempatan agar lebih inovatif dan kreatif. KBRI Tokyo akan selalu mendukung upaya-upaya PPI Jepang untuk berkiprah lebih maju," kata Tro Purnajaya.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Dr Alinda FM Zain, juga memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

"Hari ini kita akan mendapatkan masukan-masukan konstruktif kepada pejabat negeri dari pelajar Indonesia yang berada di Jepang. Sebagai perwakilan dari KBRI Tokyo, kami kenal betul bahwa anggota PPI Jepang tidak hanya sibuk pada studi tapi juga berkontribusi ke Indonesia sebagai bagian dari generasi milenial bangsa. Mereka yang hadir ini adalah para calon pemimpin Indonesia di masa depan, maka perlu untuk mempertimbangkan ide-ide mereka," ucap Alinda.

Berbagai pelajar asing sedang berfoto di Asakusa obyek wisata di Tokyo.
Berbagai pelajar asing sedang berfoto di Asakusa obyek wisata di Tokyo. (Richard Susilo)

Simposium ilmiah ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PPI Jepang sebagai kontribusi ilmiah para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jepang untuk masyarakat Indonesia di Jepang dan juga di Tanah Air.

ASSIGN 2020 merupakan simposium ASSIGN ke-3 yang diselenggarakan oleh PPI Jepang dan untuk pertama kalinya, ASSIGN diselenggarakan secara daring dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh negara, termasuk Jepang.

Tema yang diusung pada ASSIGN 2020 adalah "Kesehatan dan ketahanan mental mahasiswa Indonesia di Jepang sebagai representasi mahasiswa Indonesia di luar negeri."

Sebagaimana disebutkan dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Mental, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 Bagian 2 menjamin kesejahteraan fisik dan mental masyarakat Indonesia dan ketersediaan layanan kesehatan dengan pelaksanaan pembangunan kesehatan.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved