Breaking News:

Kepulauan Senkaku Jepang Diserang Dua Kapal China Sabtu Pagi

Sabtu (6/2/2021) pagi kapal penjaga pantai China menyerang Kepulauan Senkaku milik Jepang.

Foto Kyodo
Pulau Uotsuri, Pulau Minamikojima dan Pulau Kitakojima yang biasa disebut dengan Kepulauan Senkaku atau Diaoyu disebut China. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sabtu (6/2/2021) pagi kapal penjaga pantai China menyerang Kepulauan Senkaku milik Jepang.

"Dua kapal Penjaga Pantai China di lepas pantai Kepulauan Senkaku menyerang perairan teritorial jam 07.23  pagi waktu Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (6/2/2021).

Dua dari empat kapal Penjaga Pantai China menginvasi perairan teritorial Jepang di lepas pantai Kepulauan Senkaku di Prefektur Okinawa.

Kapal-kapal tersebut juga mendekati kapal penangkap ikan Jepang, dan berusaha menyerang kapal Jepang.

Melihat hal tersebut Penjaga Pantai Jepang telah mengerahkan kapal patroli di sekitar kapal penangkap ikan untuk meningkatkan kewaspadaan, melindungi nelayan Jepang dan terus memperingatkan mereka agar segera meninggalkan perairan teritorial.

Baca juga: Pejabat Tinggi Jepang Kembalikan Uang Makan di Restoran Setelah Tahu Ada CEO Perusahaan

Baca juga: Menkes Jepang: Tidak Ada Kekebalan, Antibodi Manusia di 5 Perfektur Turun di Bawah 1 Persen

Menurut Markas Besar Keamanan Maritim Jepang Distrik ke-11, dua dari empat kapal Penjaga Pantai China berlayar di zona kontinental tepat di luar perairan teritorial Jepang di lepas pulau selatan Kepulauan Senkaku sebelum pukul 05.00 pagi pada tanggal 6 Februari ini.

Dikatakan bahwa kapal tersebut menyerang perairan teritorial dan mendekati perahu nelayan Jepang.

Kedua kapal tersebut berlayar di perairan teritorial Jepang sekitar 20 kilometer selatan Minami Kojima pada pukul 05.00 pagi.

Kapal penjaga pantai China memasuki perairan Jepang dekat kepulauan Senkaku Okinawa.
Kapal penjaga pantai China memasuki perairan Jepang dekat kepulauan Senkaku Okinawa. (NHK)

Markas Penjaga Pantai Jepang telah mengerahkan kapal patroli di sekitar perahu nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan dan terus memperingatkan mereka agar segera meninggalkan perairan teritorial karena ditakutkan akan ada konflik antar kapal patroli kedua negara.

Serangan ini adalah yang keempat kalinya kapal China Coast Guard menginvasi perairan teritorial Jepang di lepas pantai Kepulauan Senkaku dalam minggu ini.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang . Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved