Breaking News:

Antisipasi Terorisme, Pemerintah Jepang Perketat Inspeksi Keamanan di Bandara

Pemerintah Jepang akan memperketat inspeksi keamanan bandara mulai dari pintu masuk bandara internasional sebagai tindakan melawan terorisme.

Editor: Dewi Agustina
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pintu masuk Bandara Narita Chiba Jepang yang dihiasi dengan mekarnya bunga Sakura di musim semi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang akan memperketat inspeksi keamanan bandara mulai dari pintu masuk bandara internasional sebagai tindakan melawan terorisme.

"Hal ini untuk memastikan keselamatan penumpang dan awak pesawat serta untuk melawan terorisme yang menargetkan pesawat dan bandara. Oleh karena itu amandemen RUU baru sedang diajukan ke parlemen (Diet) agar segera bisa disahkan dan diberlakukan segera pula sebelum Olimpiade mendatang," papar sumber Tribunnews.com, Selasa (9/3/2021).

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang telah memutuskan untuk memperkuat inspeksi keamanan dengan mewajibkan penumpang dan lainnya untuk melakukan inspeksi keamanan di bandara dan memberlakukan hukuman bagi pelanggarnya, termasuk penangkapan yang bersangkutan apabila menentang pemeriksaan.

"Kami berencana untuk mengajukan amandemen yang diperlukan untuk sesi biasa Diet saat ini," tambahnya.

Baca juga: 165.750 Botol Vaksin Pfizer Tiba di Jepang

Baca juga: Survei NNN: 77 Persen Warga Tolak Kedatangan Orang Asing ke Olimpiade Jepang

Mengenai pemeriksaan keamanan di bandara, belum lama ini sempat terjadi peristiwa dimana inspektur secara keliru mengembalikan pisau kecil yang ditemukan di bagasi di pos pemeriksaan keamanan di Bandara Osaka kepada penumpang, dan penumpang pun naik begitu saja.

Sebuah kelompok studi Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, yang telah membahas inspeksi keamanan oleh para ahli dan maskapai penerbangan, meringkas masalah seperti fakta bahwa mungkin sulit untuk mendapatkan kerja sama penumpang dalam inspeksi keamanan berdasarkan arus peraturan maskapai penerbangan.

Laporan menunjukkan bahwa perlu untuk memperjelas posisi hukum untuk memastikan keselamatan penumpang dan awak pesawat dan untuk melawan terorisme yang menargetkan pesawat dan bandara.

Menanggapi hal ini, Kementerian Pertanahan, Prasarana, Transportasi, dan Pariwisata telah memutuskan untuk mewajibkan penumpang melakukan inspeksi keamanan dan memperkuat inspeksi keamanan dengan menjatuhkan sanksi jika mencoba naik tanpa menerima pemeriksaan.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved