Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Tarif Jalan Tol di Tokyo Jepang Naik 1.000 Yen Selama Olimpiade

Selama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada bulan Juli, akan dilakukan kenaikan tol terlebih dahulu di Jalan Tol Metropolitan.

Richard Susilo
Kemacetan di jalan tol di Jepang, kendaraan terlihat antre di satu jalur. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Pertanahan, Prasarana, Transportasi, dan Pariwisata Jepang mulai mempertimbangkan untuk memperkenalkan "harga jalan", yang berfluktuasi pada jalan tol tergantung pada waktu dan hari khususnya untuk Metropolitan Tokyo.

"Di wilayah metropolitan Tokyo di mana kemacetan lalu lintas kemungkinan besar akan terjadi, harga bervariasi tergantung pada hari dan jam. Nantinya selama Olimpiade kemungkinan akan naik 1000 yen," papar sumber Tribunnews.com, Selasa (27/4/2021).

Dengan kenaikan harga tol diharapkan akan membantu mengurangi kemacetan.

Selama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, yang dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juli, akan dilakukan kenaikan tol terlebih dahulu di Jalan Tol Metropolitan.

Dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam selama waktu kompetisi, 1.000 yen akan ditambahkan ke tarif konvensional untuk mobil pribadi.

Dari tengah malam hingga jam 04.00 pagi, semua kendaraan yang dilengkapi dengan sistem pengumpulan tol elektronik (ETC) akan merasakan harga tol setengah harga.

Baca juga: Jepang Siapkan 30 Rumah Sakit Antisipasi Covid-19 Saat Olimpiade dan Paralimpiade

"Setelah turnamen, kami akan melanjutkan dengan perkenalan di luar Jalan Tol Metropolitan Tokyo. Ini diharapkan akan diterapkan di Terowongan Kobotoke di Chuo Expressway (Tokyo, Prefektur Kanagawa) dan Jalur Tokyo Bay Aqua," katanya.

Detail seperti pengaturan harga dan waktu implementasi akan dirinci di masa mendatang.

Tarif di jalan tol saat ini ditentukan berdasarkan jarak yang digunakan.

"Kami akan meninjau sistem tarif ini sehingga tarif akan lebih tinggi di bagian yang kemungkinan besar akan terjadi kemacetan, sementara akan lebih murah di bagian lain. Distribusi kendaraan diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas," ujarnya.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif? dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved