Breaking News:

Survei Pemerintah Jepang: 31,3 Persen Penduduk Usia 60 Tahun ke Atas Tidak Punya Teman Dekat

Orang berusia 60 tahun ke atas di Jepang yang tidak memiliki teman dekat selain keluarga adalah 31,3 persen.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kantor PM Jepang dengan penjagaan ketat. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hasil survei yang dilakukan pemerintah Jepang menunjukkan bahwa orang berusia 60 tahun ke atas yang tidak memiliki teman dekat selain keluarga adalah 31,3 persen, meningkat 5,4 poin dari survei tahun 2015.

"Dilatarbelakangi adanya peningkatan jumlah rumah tangga pria lajang, dan pemerintah berencana untuk mendorong upaya untuk mendorong partisipasi kegiatan sosial sehingga lansia tidak terisolasi dari masyarakat setempat," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (11/6/2021).

Survei dilakukan melalui surat sejak Desember 2020 hingga Januari 2021 dengan target 2.500 orang.

Tanggapan diterima dari 1.367 orang (tingkat pemulihan efektif 54,7 persen).

Hal yang sama dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, dan Swedia untuk perbandingan internasional.

Jumlah responden yang tidak memiliki teman dekat selain keluarga adalah 14,2 persen di Amerika Serikat, 13,5 persen di Jerman, dan 9,9 persen di Swedia, menunjukkan bahwa Jepang berada pada level tinggi.

Baca juga: Sistem Bank Mizuho Jepang Kerap Alami Gangguan, Chairman Koji Fujiwara Mengundurkan Diri Akhir Juni

"Kami juga menyelidiki efek virus corona pada kehidupan. Menurut hasil survei di Jepang, 68,0 persen responden menjawab bahwa mereka cenderung tidak pergi keluar untuk bepergian atau berbelanja, 55,3 persen mengatakan bahwa mereka memiliki lebih sedikit teman/kenalan dan hubungan dengan tetangga mereka, dan mereka berpisah."

Kemudian 47,3 persen responden mengatakan bahwa mereka memiliki lebih sedikit kesempatan untuk bertemu dengan anggota keluarga mereka, menunjukkan bahwa mereka tidak pergi keluar gara-gara pandemi corona.

Di sisi lain, 26,0 persen menjawab bahwa "jumlah telepon dan kontak online meningkat".

Sementara itu beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved